Inovasi Pembelajaran Biologi Melalui Eco-Fun Game Pada Materi Konsep Lingkungan dan Interaksi dalam Ekosistem

Authors

  • Mukhzayadah Mukhzayadah MTs Darul Ulum Candiwates Prigen
  • Hari Wisodo Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang
  • Munzil Arief Program studi IPA FMIPA Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v2n1.p%25p

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan inovasi pembelajaran Biologi melalui Eco-Fun Game pada materi Konsep Lingkungan dan Interaksi dalam Ekosistem. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tentang lingkungan dan interaksi dalam ekosistem, mengembangkan ketrampilan proses sains dan sikap ilmiah bagi  peserta didik dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran Biologi melalui Eco-Fun Game. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus di MTs Darul Ulum Candiwates Prigen dengan melibatkan 40 peserta didik kelas VII. Data tentang pemahaman konsep lingkungan dan interaksi dalam ekosistem, kinerja dan respon terhadap pembelajaran Biologi melalui Eco-Fun Game dari peserta didik berturut-turut diperoleh dengan cara tes pemahaman konsep, performance assessment dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik mengalami peningkatan pemahaman konsep biologi (2) ketrampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik mengalami perkembangan selama mengikuti permainan  Eco-Fun Game, yaitu peserta didik lebih terampil dalam mengobservasi, bertanya dan menganalisa kata dan istilah dalam ekosistem dan mampu menunjukkan sikap ilmiah selama permainan berlangsung dan (3) hasil kuesioner menunjukkan respon positif terhadap inovasi pembelajaran biologi melalui Eco-Fun Game.

Kata kunci: Eco-Fun Game, ketrampilan proses sains, dan konsep lingkungan

 

The research conducted is an innovation in learning Biology through Eco-Fun Games on the material Environmental Concepts and Interactions in Ecosystems. This study aims to improve students 'understanding of the environment and interactions within the ecosystem, develop scientific process skills and scientific attitudes for students and describe students' responses to learning Biology through Eco-Fun Games. This class action research was carried out in two cycles at MTs Darul Ulum Candiwates Prigen involving 40 class VII students. Data about understanding environmental concepts and interactions in ecosystems, performance and responses to learning Biology through Eco-Fun Games from students in a row were obtained by means of concept understanding tests, performance assessments and questionnaires. Data were analyzed descriptively. The results showed that (1) students had an increased understanding of biological concepts (2) the science process skills and scientific attitudes of students experienced development during the Eco-Fun Game, ie students were more skilled in observing, asking and analyzing words and terms in ecosystem and able to show scientific attitude during the game and (3) the results of the questionnaire show a positive response to the innovation of biology learning through Eco-Fun Games.

Keywords:  Eco-Fun Game, scientific process skills, environmental concepts

References

Arum, R. N. K. dan Lutfi, A. 2012. Memotivasi Siswa Belajar Materi Asam dan Basa melalui Media Permainan Rangking One Chemistry Quiz. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1), 174-179

de Freitas, S. 2006. Learning in an Immersive World: A Review of Game Based Learning, (online, https://pdfs.semanticscholar.org/80e8/5dbfcba4209325fef75646da4ec98df9b848.pdf). Diakses tanggal 2 Januari 2018

Lideaningrum, A. I., Sudjito, D. N., dan Ayub, M. R. S. S. N. 2016. Desain media Pembelajaran Menggunakan Permainan Fun Frame in Physics pada Pokok Bahasan cermin Cembung melalui Turnamen, Prosiding Seminar Nasional Quantum 2016, 39-46

Rahma, R. A. dan Lutfi, A. 2013. Pemanfaatan Media Permainan Tradisional Selibur sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Struktur Atom, Unesa Journal of Chemical Education, 2 (1), 59-63

Widodo, W., Hidayati, S. N., dan Rachmadiarti, F. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Downloads

Published

2019-11-06

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1750 , PDF Downloads: 850