Hasil Belajar dan Respons Mahasiswa terhadap Pembelajaran dengan Metode Blended Learning Berbasis Online Laboratory pada Materi Struktur Anatomi Hewan Vertebrata

Authors

  • Bayu Sandika Institut Agama Islam Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v1n2.p%25p

Abstract

Hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh motivasi belajar yang berkaitan erat dengan suasana dan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pembelajaran Blended learning dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Online Laboratory dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar dan respons mahasiswa terhadap pembelajaran dengan metode Blended Learning berbasis Online Laboratory pada materi struktur anatomi hewan vertebrata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2017 dengan sasaran penelitian sebanyak 35 mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Jember Angkatan 2015. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua kali tatap muka menggunakan rancangan penelitian One group Pre test-Post test design. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa meningkat dengan tinggi dan respons mahasiswa sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Blended Learning berbasis Online Laboratory dapat meningkatkan hasil belajar dan respons mahasiswa pada materi struktur anatomi hewan vertebrata.

Kata kunci: hasil belajar, respons, blended learning, online laboratory.

Downloads

Published

2018-07-11
Abstract views: 1011 , PDF Downloads: 4094