MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROYEK MEDAN LISTRIK DC PADA DORMANSI DAN GERMINASI

Authors

  • Senja Aprilia Paramytha Al islami Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Sifak Indana Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v1n2.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan LKS berbasis proyek tentang Ĺ“pengaruh medan listrik direct current pada dormansi dan germinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) terdiri dari 10 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, produksi massal, namun pada penelitian ini langkah produksi massal tidak dilakukan. Produk diujicoba secara terbatas di SMAN 1 Probolinggo menggunakan 10 siswa kelas XI akselerasi. Kriteria keterampilan berpikir kritis berdasarkan merancang percobaan, analisis data dan menyimpulkan konsep. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan LKS berbasis proyek dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan rerata hasil tugas proyek 91,67 dan rerata hasil keterampilan berpikir kritis 79,73.

Downloads

Published

2018-07-11
Abstract views: 232 , PDF Downloads: 217