Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran

Authors

  • Elfrida Rifatul Chusniah Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Rini Setianingsih Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppms.v3n2.p55-64

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan komik matematika berbasis kontekstual untuk materi lingkaran yang berkualitas baik berdasarkan tiga kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Rancangan penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur-prosedur pengembangan yang digunakan meliputi empat langkah: (1) melakukan perencanaan produk yang akan
dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi dan revisi produk, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi. Uji coba komik dilakukan secara terbatas oleh 10 siswa kelas VIII SMP. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan instrumen penelitian yang
digunakan meliputi lembar validasi, angket penggunaan media, dan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik matematika dinyatakan valid dengan skor kevalidan 4 oleh ahli media dan 3,9 oleh ahli materi dari skor maksimum 5 sehingga dikategorikan valid, komik matematika dinyatakan praktis dengan hasil analisis persentase kepraktisan 76,28 % dan komik matematika dinyatakan efektif degan hasil analisis persentase keefektifan 79,4%, sehingga dikategorikan efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka media komik ini memiliki kualitas yang baik sehingga dapat dimanfaatkan sebagai satu upaya atau alternatif media dalam proses pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa.

Kata Kunci: media pembelajaran, komik matematika, lingkaran



This research is a research that aims to develop contextual based mathematical comics for good quality circle material based on three criteria, namely valid, practical, and effective. The design of this research is Research and Development (R&D). The development procedures used include four steps: (1) conducting product planning to be developed, (2) developing initial products, (3) product validation and revision, (4) small-scale field trials and revisions. Comic trials are limited to 10 students in grade VIII SMP. Data collection techniques applied in this study were questionnaires, while the research instruments used included validation sheets, media use questionnaires, and student response questionnaires. The research data were analyzed by descriptive qualitative. The results of this study indicate that mathematics comics are declared valid with a validity score of 4 by media experts and 3.9 by material experts from a maximum score of 5 so that they are categorized valid, mathematical comics are declared practical with the results of a practicality percentage analysis of 76.28% and mathematical comics are declared effective with the result of the analysis of the effectiveness percentage is 79.4%, so it is categorized as effective. Based on these results, this comic media has good quality so that it can be used as an alternative media used by teachers in the teaching and learning process in an effort to improve the quality of education and create a pleasant atmosphere for students.

Keywords: learning media, mathematical comics, circles

References

Anita, Asri. 2014. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Konsep Faktor dan Kelipatan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Tarbiyah UIN Jakarta.

Anwar, K. 2017. Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Apriyanti, F. 2012 Pengaruh Pemanfaatan Media Komik Matematika Terhadap Hasil Belajar Kelas V SDN 24 Pontianak Tenggara. Jurnal FKIP Universitas Tanjungpura.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Borg, Walter R. et al. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Darmawan, H. 2012. How To Make a Comic Menurut Para Master Komik Dunia. Jakarta: Plotpoit

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Darwati. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Komik Untuk Pembelajaran Bilingual Pada Materi Pokok Persamaan Linear Satu Variabel di KelasVII. FMIPA Unesa.

Depdikbud. 2003. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BNSP.

Hamalik. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ibrahim, M. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Indrawati, Farah. 2017. Peran Penguasaan Dasar Matematika dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus 1. Jurnal Fakultas Teknik, Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI.

Khabibah, Siti. 2006. Pengemangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Pascasarjana Unesa: Disertasi tidak dipublikasikan.

Mahmudi, Ali. Geometri Analitik Bidang (Lingkaran). Jurnal FMIPA UNY.

Mulllis, Ina V.s, et al. 2008. TIMSS 2007 International Mathematics Report. Boston: IEA.

Murtiati. 2012. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lesson Studi Dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Murtiningrum, T., dkk. Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kreativitas Siswa. Jurnal FKIP UNS.

Mustikan. 2013. Penggunaan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA. Jurnal Seminar Nasional 2nd Lontar Physics Forum 2013.

Nieveen, Nienke. et al (Ed.). 1999. Design Approach and Tools in Education and Training. Dordrecht: Springer Science+Business Media.

Owens, T. 2001. Teacher Preparation for Contextual Teaching and Learning A Statewide Consortium Model. Portland, Oregon; Northwest Regional Educational Laboratory.

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Pratiwi, Wulandari. 2013. Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMAN 3 Ponorogo. Jurnal Fakultas Ekonomi Unesa.

Sadiman, A.S., dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Safrina, Khusnul, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika.

Satriadinata, Taufan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Komik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Irisan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas X-8 SMAN 8 Surabaya. FMIPA Unesa.

Sciana, Fadila. 2018. Pengembangan Modul

Berbentuk Komik Berbasis Kontekstual Untuk Pembelajaran Matematika Di SMA. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Skemp, R. R. (1971). The psycholology of learning mathematics. Baltimore, MD: Richard Clay (The Causer Press) Ltd.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2015. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and

Development). Bandung: Alfabeta.

Susanah. 2017. Geometri Analitika (Edisi Revisi). Surabaya : Unesa University Press.

Taniredja, Tukiran. Efi Miftah Faridli dan Sri Harmianto. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Wagiran, dkk. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran. Semarang: UNNES.

Wahyuningsih, Nur. 2011. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan

Strategi PQ4R. Jurnal Pascasarjana UNNES.

http://ibispaint.com (diakses tanggal 06 Februari 2020)

Downloads

Published

2021-01-19
Abstract views: 709 , PDF Downloads: 1167