PENGUJIAN VALIDITAS E-LEARNING MENGGUNAKAN PORTAL PEMBELAJARAN MAHASISWA UNTUK MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 1 DI PROGRAM STUDI PGSD UN PGRI KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p67-71Keywords:
Penelitian pengembangan, Portal pembelajaran, Konsep dasar IPA 1Abstract
Penelitianpengujian validitas E-learning menggunakan portal pembelajaran mahasiswa untuk mata kuliah konsep dasar IPA 1 di program studi PGSD UN PGRI Kediri bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-learning yang dikembangkan. Kelayakan pengembangan E-learning didasarkan pada hasil validasi ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) tahap perencanaan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan tahap self evaluation dan expert review. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Data dari lembar validasi akandianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap expert review nilai presentase rata-rata total dari validator sebesar 3,42 dengan kategori sangat baik atau valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengujian validitas E-learning menggunakan portal pembelajaran mahasiswa untuk mata kuliah konsep dasar IPA 1 di program studi PGSD UN PGRI Kediri layak digunakan.References
Bungin, B. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup.
Cole, Jason. Helen Foster. 2005. Using Moodle, USA: OŸReilly.
Prawiradilaga, D. Salma. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principles. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Cole, Jason. Helen Foster. 2005. Using Moodle, USA: OŸReilly.
Prawiradilaga, D. Salma. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principles. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
2019-02-28
How to Cite
Putri, K. E. (2019). PENGUJIAN VALIDITAS E-LEARNING MENGGUNAKAN PORTAL PEMBELAJARAN MAHASISWA UNTUK MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 1 DI PROGRAM STUDI PGSD UN PGRI KEDIRI. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 67–71. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p67-71
Issue
Section
Articles

