PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN

Authors

  • Fery Mayasari Program Studi Pendidikan Sains, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Raharjo Raharjo Program Studi Pendidikan Sains, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Surabaya
  • Z.A. Imam Supardi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p53-57

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Sistem Organisasi Kehidupan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri yang layak untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model Dick and Carey. Ujicoba perangkat pembelajaran dilakukan di SMP Negeri 4 Lamongan dengan menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes hasil belajar, pemberian angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kategori baik, aktivitas siswa yang menonjol adalah melakukan pengamatan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri tergolong layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan pada materi sistem organisasi kehidupan pada siswa SMP.

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Sistem Organisasi Kehidupan.

References

Arends, I. Richard. (1997). Learning to teach. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc

Borich, G. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York: MacMillan Publishing Company.

Dick, W., Carey, L., & Carey, L. (2009). The Systematic Design Instruction. Columbus: Pearson Education.

Dimyati,.& Mujiono. (2009). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Hake. (1999). Analyzing change/gain score (online). Retrieved September 2016, from http://www.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.

Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: Unesa Press.

Ibrahim, M. (2014). Inovasi Pendidikan Sains dalam Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Sains Pascasarjana, pp 1-12. Surabaya: PPS Unesa.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kardi, S. (2013). Model Pengajaran Langsung, Inkuiri, Sains Teknologi Masyarakat. Surabaya: PPS Unesa.

Kardi, S. (2012). Pengantar Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Surabaya: PPS Unesa.

Kermendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standart Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kermendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kuirkulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kusrianto, A & Martadinata, Y. (2015). Microsoft Word untuk Bahan Ajar. Jakarta: Kompas Gramedia

Nur, M. (2008). Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nur, M. (2008a). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran Edisi 5. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ratumanan, G., & Laurent, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Tingat Pendidikan edisi kedua. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2003). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Downloads

Published

2018-07-25

How to Cite

Mayasari, F., Raharjo, R., & Supardi, Z. I. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 2(2), 53–57. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p53-57
Abstract views: 769 , PDF Downloads: 468