IMPLEMENTASI PELATIHAN LUDRUK ANAK DALAM UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI PELESTARIAN KESENIAN DAERAH DI SANGGAR MEDANG TARUNO BUDOYO SURABAYA

Authors

  • Miftha Anggun Darawati Universitas Negeri Surabaya
  • Indrawati Theresia Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Implementasi Pelatihan, Ludruk, Motivasi Pelestarian

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam implementasi pelatihan ludruk anak di Sanggar Medang Taruno Budoyo Surabaya dalam upaya menumbuhkan motivasi pelestarian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian yaitu 1 ketua sanggar sekaligus Instruktur, 1 instruktur, 5 orangtua peserta pelatihan dan 6 peserta pelatihan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan proses implementasi pelatihan ludruk anak dimulai dari: (1) Perencanaan yang dibuat tidak dalam bentuk Silabus dan RPP, namun materi yang akan diajarkan dirancang melalui musyawarah. (2) Proses Pelatihan, diselenggarakan dengan baik dengan fasilitas yang memadai. (3) Evaluasi hasil pelatihan dilakukan melalui pengamatan dan hasil evaluasi menunjukkan peserta pelatihan dapat menguasai elemen-elemen pertunjukan ludruk dengan sangat baik.  Dalam proses pelatihan yang diselenggarakan, menunjukkan tumbuhnya motivasi pelestarian kesenian ludruk pada peserta didik

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Carnwath, JD, Brown, AS. Understanding the Value and Impacts of Cultural Experiences: A Literature Review. Manchester: Arts Council England, 2014. Available online at: http://www.artscouncil.org.uk/publication/understanding-value-and-impacts-cultural-experiences (Last accessed 12th October 2019)
Herman Sofyandi, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama,. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta
Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta
_________ . (2012). Model pendidikan dan pelatihan (konsep dan aplikasi). Bandung : Alfabeta.
Lisbijanto, H. (2013). Ludruk. Surabaya: Graha Ilmu.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Rosdakarya
Nurdin Usman, 2002, Konteks implementasi berbasis Kurikulum, Bandung, CV Sinar Baru.
Republik Indonesia. 1945. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Pasal 32 ayat (1) & (2), Jakarta : Sekretariat Negara.
Sudjana. (2007). Sistem Manajemen Pelatihan. Bandung : Falah Production
Surjadi. (1992). Cerita Kepahlawanan dalam drama Tradisional Ludruk. Skripsi Universitas Gadjah Mada.
Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Yatim Riyanto. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif.

Downloads

Published

2019-04-10
Abstract views: 228 , PDF Downloads: 338