PENGARUH PEKERJAAN/SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Miky Amanul Ardhiyah Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

pengaruh pekerjaan, pola asuh, tumbuh kembang anak

Abstract

Pendidikan di lingkungan keluarga merupakan pendidikan informal yang pertama kali diterima oleh anak. Oleh karena itu pendidikan di lingkungan keluarga merupakan dasar bagi pembentukan sikap dan sifat anak. Sekolah sebenarnya adalah suplemen dari rumah, artinya kedudukan sekolah pada dasarnya adalah menopang pendidikan di rumah (Rahayu, 2012). Selain intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak yang secara teori akan memotivasi dan mempengaruhi prestasi belajar siswa, maka faktor status sosial ekonomi orang tua diduga juga mendukung prestasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan meta analisis data. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah dengan menggunakan setidaknya 4 jurnal pendidikan tentang bagaimana pengaruh pekerjaan/sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa khususnya sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Pekerjaan orangtua disini mempengaruhi bagaimana orangtua bisa memfasilitasi anak secara materi untuk menunjang belajarnya serta keluangan waktu yang dimiliki orangtua untuk membimbing anak dalam belajar dirumah. 

Pendidikan di lingkungan keluarga merupakan pendidikan informal yang pertama kali diterima oleh anak. Oleh karena itu pendidikan di lingkungan keluarga merupakan dasar bagi pembentukan sikap dan sifat anak. Sekolah sebenarnya adalah suplemen dari rumah, artinya kedudukan sekolah pada dasarnya adalah menopang pendidikan di rumah (Rahayu, 2012). Selain intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak yang secara teori akan memotivasi dan mempengaruhi prestasi belajar siswa, maka faktor status sosial ekonomi orang tua diduga juga mendukung prestasi belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan meta analisis data. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah dengan menggunakan setidaknya 4 jurnal pendidikan tentang bagaimana pengaruh pekerjaan/sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa khususnya sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Pekerjaan orangtua disini mempengaruhi bagaimana orangtua bisa memfasilitasi anak secara materi untuk menunjang belajarnya serta keluangan waktu yang dimiliki orangtua untuk membimbing anak dalam belajar dirumah.

 

References

Anggraeni, N. F. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Lengkong Kota Bandung). Doctoral dissertation, FKIP UNPAS .
Cholifah, T., Degeng, I., & Utaya, S. (2016). Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 486-491.
Mawarsih, S., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Ningrum, W. R. (2018). Pengaruh Peranan dan Pola Asuh Orang tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 129-137.
Purwindarini, S., Deliana, S., & Hendriyani, R. (2014). Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap prestasi belajar anak usia sekolah dasar. Developmental and Clicnical Psychology.
Puspitawati, H. (2010). Pengaruh karakteristik sosial ekonomi keluarga terhadap pola asuh belajar siswa sekolah dasar dan menengah pertama. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 46-55.
Rahayu, W. (2012). Analisis intensitas pendidikan oleh orang tua dalam kegiatan belajar anak, status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 65-71.
Rahman, B. (2014). Kemitraan Orang Tua dengan Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Progresif, 129-138.
Tan, J., Ismanto, A., & Babakal, A. (2013). Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah kelas IV dan V di SD Negeri Kawangkoan Kalawat. Jurnal Keperawatan, 1.
Tussadiah, H. (2014). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak di Rumah (Studi pada Anak yang Orang tuanya Bekerja sebagai Pemulung di Kelurahan Glugur Darat Medan). UNIMED.
Wirawan, Y. (2017). Pengaruh Situs Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Presatasi Belajar Ekonomi dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 147-167.

Downloads

Published

2019-04-10
Abstract views: 2211 , PDF Downloads: 1481