ANALISIS KINERJA PAMONG BELAJAR SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA KEDIRI
Keywords:
Activity Learning Center, Learning Center, Performance Appraisal.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis Kinerja Pamong Belajar yang berada di SKB Kota Kediri, analisis ini dilakukan untuk mendapatkan penilain langsung dari pihak SKB dengan analisis dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan-kegiatan yang dijalankan SKB Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah Kepala SKB Kota Kediri, Pamong Belajar SKB Kota Kediri, Kasubag TU SKB Kota Kediri, warga belajar Kesetaraan Kejar Paket C. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama penelitian dengan dibantu pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi tersebut. Hasil penelitian dengan tujuh indikator menunjukkan; (1) loyalitas pamong belajar berimbang (2) semangat kerja pamong belajar tinggi (3) kepemimpinan pamong belajar baik (4) kerjasama saling menyokong diantara pamong SKB Kota Kediri (5) prakarsa kebermanfaatannya pamong sangat tinggi (6) tanggung jawab pamong belajar menuntut program-program yang telah disusun dan dilaksanakan (7) pencapaian pamong belajar kejar paket C, Majelis Taklim, dan PAUD. Program-program tidak maksimal disebabkan usia pamong belajar yang rata-rata mendekati usia pensiun. Mobilitas pamong belajar berbeda-beda memengaruhi kualitas, kemaksimalan pekerjaan. Kuantitas pamong belajar di SKB sangat minim, Pekerjaan yang dikerjakan menjadi ekstra keras dan kerjasama antar stakeholder.
References
Depdiknas. Tahun 2009. Pamong Belajar. Jakarta : Kemendikbud
Menteri Pendidikan Nasional RI. Nomor : 038/Mendiknas/2000 tentang Pamong Belajar. Jakarta : Kemendikbud.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Bab II Pasal 3. Tahun 1999. tentang Tugas Pemong Belajar dan Nomor : 15 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya Jakarta : Kemendikbud.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 152 tahun 2014 tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Pamong Belajar. Jakarta : Kemendikbud.
Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya : Unesa University Press.
SK Mendikbud RI. Nomor : 023/O/1997. Tentang Tugas Pokok Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar. Jakarta : Kemendikbud.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 39 ayat 2. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Kemendikbud.