Pendidikan Sains sebagai Sarana Pembentukan Karakter dan Moralitas Peserta Didik

Authors

  • Rifki Rifaldi Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpus.v8n1.p45-48

Keywords:

Pendidikan sains, Karakter Anak, moralitas, pembelajaran kontekstual, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan sains dalam pembentukan karakter dan moralitas peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka, di mana data diperoleh dari berbagai literatur seperti jurnal ilmiah, buku, dan dokumen pendidikan yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan sains tidak hanya mengembangkan aspek kognitif, tetapi juga dapat menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan kepedulian terhadap lingkungan. Melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, inkuiri, dan berbasis masalah, peserta didik didorong untuk berpikir kritis sekaligus membentuk sikap ilmiah dan moral yang positif. Peran guru sebagai fasilitator dan teladan sangat penting dalam proses ini. Dengan demikian, pendidikan sains memiliki potensi besar dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter kuat dan berintegritas tinggi.

References

Mundilarto. (2012). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).

Sadia, W. (2012). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2).

Budiastra, A. A. K., Hartinawati, & Sardjijo. (2012). Peran Sains untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik dalam Bingkai Masyarakat Multikultural. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Yustina, I. (2023). Pendidikan Karakter: Pondasi Moral dan Etika dalam Pembentukan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1).

Chusnani, D. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Sains. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1).

Published

2024-04-02
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 8