Kursus Menjahit Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat di Kursus Jahit Afuzu
Kursus Menjahit di LKP Afuzu sebagai sarana Pemberdayaan Masyarakat: Meningkatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi.
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpus.v8n2.p11-14Keywords:
Pemberdayaan masyarakat, pendidikan nonformal, kursus menjahit, pendidikan sepanjang hayat, soft skill kewirausahaan, kesetaraan genderAbstract
Abstrak: Kursus menjahit menjadi salah satu sarana pemberdayaan masyarakat yang efektif, untuk meningkatkan keterampilan ekonomi. Penelitian ini berfokus pada observasi pendidikan sepanjang hayat di kursus jahit Afuzu, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dampak kursus tersebut terhadap peningkatan kapasitas masyarakat. Metode penelitian observasi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa peserta kursus jahit Afuzu tidak hanya memperoleh kemampuan teknis menjahit, tapi juga membangun kepercayaan diri, jaringan sosial, dan potensi kewirausahaan. Dengan hal ini, kursus menjahit berperan penting sebagai alat pemberdayaan masyarakat, dan memberikan peluang bagi individu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka melalui pendidikan sepanjang hayat.
Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, pendidikan nonformal, kursus menjahit, pendidikan sepanjang hayat, SDGs, kewirausahaan, kesetaraan gender.
References
Joko Sutarto, A. H. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 30–38. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2946
Putricia, A. M., & Prathama, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Rumah Padat Karya Viaduct by Gubeng di Kota Surabaya. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 95–110. http://neorespublica.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/114
Ratnasari, S., Iip, S., & Ade Sadikin, A. (2021). Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(5), 74–86.
UNESCO. (2015). (인천WEF) Education 2030. World Education Forum 2015. https://en.unesco.org/world-education-forum-2015/incheon-declaration
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 hanif faizol, Arientha Libby Purnama, Qorina Auliya Rahmah, Regita Ayu Ambar wati, Heryanto Susilo, Desika Putri Mardiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstract views: 51
,
PDF Downloads: 17



