Analisis Filosofi Ki Hadjar Dewantara dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpus.v8n2.p1-6Keywords:
Filosofi Ki Hadjar Dewantara, sistem among, pendidikan karakter, siswa sekolah dasarAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan filosofi Ki Hadjar Dewantara dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui pendekatan sistem among. Filosofi ini mengedepankan prinsip Ing Ngarso Sung Tuladha (memberi teladan di depan), Ing Madya Mangun Karsa (membangun semangat di tengah), dan Tut Wuri Handayani (mendorong dari belakang). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai penelitian relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem among efektif dalam membentuk karakter siswa melalui pendekatan humanis dan kontekstual. Nilai-nilai seperti disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan gotong royong dapat diinternalisasi melalui pembelajaran berbasis teladan dan motivasi. Selain itu, filosofi ini mendukung implementasi nilai-nilai Pancasila dan kebijakan Merdeka Belajar, yang berfokus pada pembelajaran sesuai potensi siswa. Namun, tantangan seperti pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi memerlukan integrasi media digital untuk menjaga relevansi pembelajaran berbasis karakter. Kesimpulannya, filosofi Ki Hadjar Dewantara memberikan dasar kuat dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar, dengan penerapan yang membutuhkan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua serta pendekatan yang adaptif terhadap perkembangan zaman.
Kata Kunci: Filosofi Ki Hadjar Dewantara, sistem among, pendidikan karakter, siswa sekolah dasar.
References
Handoko, S. (2023). Membangun budaya karakter di sekolah dasar melalui sistem among Ki Hajar Dewantara. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(1), 29-38.
Istiq’Faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1-10.
Laia, B., & Suastra, I. W. (2024). PROFIL PANCASILA DI SEKOLAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 432-439.
Mahmudah, I., Fahreza, M. A., & Akhsan, H. (2024). Konsep Sistem Among dalam Membentuk Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1113-1126.
Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.
Nirwana, H., Sukma, D., & Bunda, T. P. (2024). Mewujudkan Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik melalui Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7).
Nugroho, B. (2023). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. Psiko Edukasi, 21(1), 28-40.
Restiara, R., Alena, S., Rahayu, S., Wulandari, Y., Tasya, S., & Indisshea, R. A. (2024). Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan pencerminan nilai Pancasila dalam upaya pembentukan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 14368-14378.
Shabartini, D. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2023). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 964-973.
Sutrisno, C., & Zuchdi, D. (2023). Analisis muatan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam desain pendidikan karakter pada gerakan penguatan pendidikan karakter. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(2), 189-200.
Syahrir, D., Kurniawana, F., & Utami, V. Q. N. (2023). Hubungan filosofi Ki Hajar Dewantara sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional merdeka belajar di Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2185-2198.
Wardani, I. K., Nugroho, A. C., Sabekti, M., Sutopo, A., & Anif, S. (2024). Kepemimpinan Berbasis Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarso Sun Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani” Untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2491-2502.
Wiryanto, W., & Anggraini, G. O. (2022). Analisis pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam konsep kurikulum merdeka belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33-45.
Yanti, W. F., Hendratno, H., & Istiq'faroh, N. (2023). Analisis Implementasi Teori Ki Hajar Dewantara: Mengungkap Praktik-Praktik Pendidikan Inovatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia, 1(1), 28-35.
Yulianto, H. (2024). Disiplin Positif Pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan Filosofi Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 626-637.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 alvina hidayati, Dya Qurotul A’yun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstract views: 75
,
PDF Downloads: 55



