Konsep Deep Learning dalam Perspektif Filsafat Ki Hadjar Dewantara

Penulis

  • Marsha Amelia Putri Putri Universitas Trunojoyo Madura
  • Dya Qurotul A'yun Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpus.v9n2.p23-27

Kata Kunci:

Deep Learning, Filsafat Pendidikan, Ki Hajar Dewantara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi konsep deep learning dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi literatur. Penelitian ini menemukan bahwa konsep deep learning, yang berfokus pada pemahaman mendalam, refleksi kritis, dan aplikasi praktis, memiliki keselarasan dengan prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara, seperti kebebasan belajar, personalisasi pendidikan, dan pembentukan karakter. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan intelektual siswa tetapi juga membentuk kepribadian yang berkarakter dan kompeten. Selain itu, penggunaan teknologi dalam deep learning membuka peluang bagi personalisasi pembelajaran dan penerapan nilai-nilai lokal yang relevan di era globalisasi.

Referensi

Andriana, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning Bagi Siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi. Jurnal Tiarsie, 18(4), 127-132.

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran mendalam untuk membentuk karakter siswa sebagai pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97-104.

Diponegoro, M. H., Kusumawardani, S. S., & Hidayah, I. (2021). Tinjauan pustaka sistematis: implementasi metode deep learning pada prediksi kinerja murid. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 10(2), 131-138.

Nugraha, M. T. & Hasanah, A. (2021). Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Deep Learning. Al-hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 15-23.

Romario, A. W., Saputra, A., & Nasution, B. (2023). Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan di Indonesia. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(1), 52-60.

Suparlan, H. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal filsafat, 25(1), 56-74.

Thaariq, Z. Z. A., & Karima, U. (2023). Menelisik Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21: Sebuah Renungan dan Inspirasi. Foundasia, 14(2), 20-36.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-11
Abstract views: 79 , PDF Downloads: 103