Peran Filsafat Pendidikan dalam Menguatkan Penerapan Dekokrasi Pendidikan di Sekolah Dasar

Authors

  • Dimas Agung Saputro Universitas Trunojoyo Madura
  • Dyah qurrotul A'yun Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpus.v9n1.p43-46

Keywords:

filsafat pendidikan, demokrasi pendidikan, kurikulum partisipatif, pelatihan guru

Abstract

Abstrak: Penerapan demokrasi pendidikan di sekolah dasar sering menghadapi
berbagai tantangan, seperti dominasi metode pembelajaran otoriter, rendahnya
partisipasi siswa, serta kurangnya pemahaman nilai-nilai demokrasi oleh guru
dan siswa. Artikel ini membahas peran filsafat pendidikan dalam mengatasi
tantangan tersebut melalui pengembangan program pelatihan guru berbasis
demokrasi dan perancangan kurikulum partisipatif. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan studi literatur sebagai pendekatan
utamanya. Hasilnya menunjukkan bahwa filsafat pendidikan tidak hanya
memberikan kerangka konseptual tetapi juga strategi praktis untuk memperkuat
demokrasi pendidikan. Dengan pendekatan ini, siswa didorong untuk
berpartisipasi aktif dalam proses belajar, membangun keterampilan berpikir kritis,
serta menjadi individu yang siap berkontribusi dalam masyarakat demokratis.
Kata Kunci: filsafat pendidikan, demokrasi pendidikan, sekolah dasar,
kurikulum partisipatif, pelatihan guru.

Author Biography

Dyah qurrotul A'yun, Universitas Trunojoyo Madura

Afiliasi 2 (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas, Trunojoyo
Madura)

References

Yuniarto, B. (2018). Pendidikan Demokrasi dan Budaya Demokrasi Konstitusional. Deepublish.

Setiyadi, A. C. (2010). Konsep demokrasi pendidikan menurut john dewey. At-Ta'dib, 5(1).

Pahmi, S., Verianti, G., Winarni, W., & Azzahra, M. (2024). Peran Filsafat Ilmu Pendidikan dalam

Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. Jurnal BELAINDIKA

(Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 137-144.

Nugroho, H. W., Utami, R., & Nugraha, R. A. (2022). Experiential Learning sebagai Upaya

Penguatan Pendidikan Demokrasi dan Pancasila. Jurnal Filsafat, 32(2), 255-277.

Ahmad, S. N. M., & Ismail, I. (2024). Peran vital filsafat pendidikan dalam mewujudkan

pembelajaran abad 21. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 352-358.

Falah, R. Z. (2017). Landasan filosofis pendidikan perspektif filsafat pragmatisme dan implikasinya

dalam metode pembelajaran. Jurnal Filsafat, 5(2), 374-92.

Yustiana, D., Nursalim, M., & Masitoh, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam

Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 187-194.

Dermawan, A., Syaifullah,L., & Jalinus,N. (2021). Pengaruh filsafat penddikan terhadap strategi

pembelajaran dalam pendidikan teknologi kejuruan.

Published

2025-04-02
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 38