Peran Filsafat Pendidikan dalam Menguatkan Penerapan Dekokrasi Pendidikan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpus.v9n1.p43-46Keywords:
filsafat pendidikan, demokrasi pendidikan, kurikulum partisipatif, pelatihan guruAbstract
Abstrak: Penerapan demokrasi pendidikan di sekolah dasar sering menghadapi
berbagai tantangan, seperti dominasi metode pembelajaran otoriter, rendahnya
partisipasi siswa, serta kurangnya pemahaman nilai-nilai demokrasi oleh guru
dan siswa. Artikel ini membahas peran filsafat pendidikan dalam mengatasi
tantangan tersebut melalui pengembangan program pelatihan guru berbasis
demokrasi dan perancangan kurikulum partisipatif. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan studi literatur sebagai pendekatan
utamanya. Hasilnya menunjukkan bahwa filsafat pendidikan tidak hanya
memberikan kerangka konseptual tetapi juga strategi praktis untuk memperkuat
demokrasi pendidikan. Dengan pendekatan ini, siswa didorong untuk
berpartisipasi aktif dalam proses belajar, membangun keterampilan berpikir kritis,
serta menjadi individu yang siap berkontribusi dalam masyarakat demokratis.
Kata Kunci: filsafat pendidikan, demokrasi pendidikan, sekolah dasar,
kurikulum partisipatif, pelatihan guru.
References
Yuniarto, B. (2018). Pendidikan Demokrasi dan Budaya Demokrasi Konstitusional. Deepublish.
Setiyadi, A. C. (2010). Konsep demokrasi pendidikan menurut john dewey. At-Ta'dib, 5(1).
Pahmi, S., Verianti, G., Winarni, W., & Azzahra, M. (2024). Peran Filsafat Ilmu Pendidikan dalam
Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. Jurnal BELAINDIKA
(Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 137-144.
Nugroho, H. W., Utami, R., & Nugraha, R. A. (2022). Experiential Learning sebagai Upaya
Penguatan Pendidikan Demokrasi dan Pancasila. Jurnal Filsafat, 32(2), 255-277.
Ahmad, S. N. M., & Ismail, I. (2024). Peran vital filsafat pendidikan dalam mewujudkan
pembelajaran abad 21. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 352-358.
Falah, R. Z. (2017). Landasan filosofis pendidikan perspektif filsafat pragmatisme dan implikasinya
dalam metode pembelajaran. Jurnal Filsafat, 5(2), 374-92.
Yustiana, D., Nursalim, M., & Masitoh, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam
Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 187-194.
Dermawan, A., Syaifullah,L., & Jalinus,N. (2021). Pengaruh filsafat penddikan terhadap strategi
pembelajaran dalam pendidikan teknologi kejuruan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dimas Agung Saputro, Dyah qurrotul A'yun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstract views: 34
,
PDF Downloads: 38



