Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 kelas V di SDN Alas Rajah 3 Bangkalan

Penulis

  • Rizal Yusak universitas trunojoyo madura
  • Andika Adinanda Siswoyo universitas trunojoyo madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpus.v9n2.p12-16

Kata Kunci:

contextual teaching and learning models, learning outcomes, thematic.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas v di SDN Alas Rajah 3 Bangkalan dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model contextual teaching and learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest posttest design. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas v SDN Alas Rajah 3 Bangkalan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Sample penelitian sebanyak 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa tema 8 subtema 1 kelas v di SDN Alas Rajah 3 Bangkalan. Hal ini dapat diketahui melalui hasil uji Wilcoxon diperoleh Signifikansi (2-tailed) 0,01 < alpha 0,05. 2). Respon siswa terhadap pembelajaran dapat diketahui melalui lembar angket yang dilakukan ketika siswa telah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil lembar angket respon siswa terhadap pembelajaran mendapat presentase rata-rata 84% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model contextual teaching and learning adalah sangat baik.

Referensi

E.Mulyasa. (2012) Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Erni, E., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Bosowa Journal of Education, 1(1), 16-23.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Johnson, Elaine B. (2006). Contextual Teaching & Learning, Terjemahan Ibnu Setiawan Bandung: MLC.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Malik, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Program Sarjana Universitas Islam Negeri Walisongo.

Nasrum, Akbar. (2018). Uji Normalitas Data Untuk Penelitian. Bali: Jayapangus Press.

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta : Teras.

Patarani, Sri Santi, dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Operasi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sitirejo Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendekia, ISSN: 2338- 9400, 3(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-11
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 41