PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STORY TELLING DALAM MENINGKATKAN ENGLISH SPEAKING SKILL AT MR. BOB ENGLISH COURSE

Authors

  • Nafa Oktanisfia Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

model pembelajaran story telling, kemampuan berbicara, kursus Bahasa Inggris

Abstract

Setiap orang membutuhkan kemampuan komunikasi untuk berinteraksi, bernegoisasi dan mengekspresikan idenya dalam melakukan segala hal. Oleh karena itu kita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan mengandalkan kemampuan komunikatif seperti berbicara, khususnya berbicara dalam berbahasa inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh belahan dunia. Bahasa inggris juga merupakan salah satu pelajaran yang wajib untuk dipelajari. Dapat berbicara atau berkomunikasi dalam Bahasa Inggris juga menjadi poin tambahan dalam mencari pekerjaan. Maka dari itu dapat berbicara bahasa inggris memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan serta dalam mencapai suatu tujuan. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara pendidik dapat menggunakan model pembelajaran story telling atau mendongeng. Mendongeng dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.  Penerapan story telling untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris juga dapat diterapkan di lembaga kursus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Story telling di tempat kursus dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan studi literatur dalam mengumpulkan data dari sumber berbagai jurnal dan buku terkait dengan menggunakan teknik Literatur Review seperti menelaah, merangkum kembali jurnal terkait. Hasil penelitian yang dikerjakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran Story telling.

References

<div class="WordSection1"><p>Agustiyaningsih, W. (2015). THE IMPLEMENTATION OF STORYTELLING TO TEACH SPEAKING TO EIGHT GRADERS AT SMPN 1 KEDAMEAN. <em>RETAIN</em>, <em>3</em>(1).</p><p>Curenton, S. M., &amp; Craig, M. J. (2011). Sharedreading versus oral storytelling: associations with preschoolers prosocial skills and problem behaviours. <em>Early Child Development and Care</em>, <em>181</em>(1), 123146.</p><p>dos Santos Gonçalves, A., Sarmento, J. A., &amp; da Costa, F. C. (2019). IMPROVING SPEAKING SKILL THROUGH STORYTELLING. <em>ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education</em>, <em>3</em>(1), 118.</p><p>Francisco, A. R. L. (2013). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA MATA KULIAH SPEAKING 3 MELALUI TEKNIK INFORMATION GAP TASK PADA MAHASISWA SEMESTER 3 ABA DIAN CIPTA CENDIKIA BANDAR LAMPUNG Oleh. <em>Journal of Chemical Information and Modeling</em>, <em>53</em>(9), 16891699.</p><p>Hakim, M. N. (2018). APPLICATION OF STORYTELLING TECHNIQUES IN IMPROVING SPEAKING SKILLS IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. <em>IJLECR-INTERNATIONAL JOURNAL OF LANGUAGE EDUCATION AND CULTURE REVIEW</em>, <em>4</em>(2), 143149.</p><p>IKRAMMUDDIN, R. (2017). <em>USING STORY TELLING TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING ABILITY</em>. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3241/</p><p>Indonesia, P. R. (2003). <em>Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional</em>. Departemen Pendidikan Nasional.</p><p>Kayi, H. (2006). Teaching speaking: Activities to promote speaking in a second language. <em>The Internet TESL Journal</em>, <em>12</em>(11), 16.</p><p>Kumoro, I. (2016). Analisis urgensi metode pembelajaran bercerita bagi perkembangan empati anak di tk dharma wanita kendal tahun ajaran 2015/2016. <em>Prosiding Ilmu Pendidikan</em>, <em>1</em>(2).</p><p>The UCSC University Library. (2015). <em>Write a Literature Review</em>. https://guides.library.ucsc.edu/write-a-literature-review</p><p>Muhammad Hilman Agost Dermawan. (2017). <em>Pengelolaan Program Kursus Bahasa Inggris Pada Lembaga Kursus English Cafe Yogyakarta</em>. <em>1</em>(4), 238.</p><p>Mujizat, I. (2016). <em>The Effectiveness of Using Storytelling Technique on Students Speaking Skill (A Quasi-Experiment Study at the Eleventh Grade of MAN 1 Bekasi in Academic Year 2016/2017)</em>. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.</p><p><span>Nusantara, W. (2009). model proses pembelajaran sosiologi pada pendidikan kesetaraan paket c mahir 2 berdasarkan prinsip andragogi. </span><em>SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM</em><span>.</span></p><p>Noviyenty, L. (2018). Strategies in Learning and Techniques in Teaching English Speaking. <em>ENGLISH FRANCA</em><em>¯</em><em>: Academic Journal of English Language and Education</em>, <em>2</em>(1), 35. https://doi.org/10.29240/ef.v2i1.454</p><p>Setyarini, S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Storytelling: Sebuah Terobosan Dalam Upaya Meningkatkan Output Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. <em>Jurnal Penelitian Pendidikan</em>, <em>15</em>(2).</p><p>SiRicord, T. S., &amp; Yunus, M. M. (2016). Learners perceptions on the effectiveness of videoscribe on improving listening and speaking in rural school of Sarawak. <em>Asian EFL Journal</em>, <em>6</em>(December), 5061.</p><p>SUWANDARI, A. R. (2011). <em>JUNIOR HIGH SCHOOL TEACHERS PERCEPTION OF MULTICULTURALISM IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING</em>. SANATA DHARMA UNIVERSITY.</p><p>Syahputra, I. (2006). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Aasing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. <em>Kutubkanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan</em>, <em>17</em>(januari-juni), 127145.</p><p>Syarifuddin, N. (2017). <em>Pengaruh model storytelling terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas v mi jamiatul khaerat kota Makassar</em>. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.</p><p><em>the Literature Review</em><em>¯</em><em>: a Few Tips on Conducting It</em>. (n.d.). 45.</p><p>Velasquez, M. B., &amp; Rodriguez, W. D. V. (2015). <em>Storytelling as a Strategy to Improve Speaking Skill</em>. Universidad Tecnológica de Pereira. Colombia.</p><p> </p></div><br clear="all" /><p align="left"> </p>

Downloads

Published

2021-06-13
Abstract views: 2653 , PDF Downloads: 2070