IDENTIFIKASI HASIL ANALISIS MISKONSEPSI GERAK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p61-69Keywords:
instrumen diagnostik, three-tier, miskonsepsi, gerakAbstract
Miskonsepsi adalah konsepsi siswa yang tidak sesuai dengan konsepsi para ilmuwan. Miskonsepsi terjadi secara konsisten di dalam pikiran siswa dalam menafsirkan konsep menjadi konsepsi dan atau dalam penerapannya menjadi fakta. Mata pelajaran IPA sering menimbulkan kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep yang abstrak. Hasil analisis miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three tier, selanjutnya dapat dilakukan identifikasi miskonsepsi untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif untuk mengidentifikasi miskonsepsi gerak pada siswa SMP. Miskonsepsi materi gerak yang ditemukan pada siswa berada pada konsep kecepatan, kelajuan, gaya aksi-reaksi, inersia, dan gerak.
References
Susanti D, Waskito S, dan Surantoro. Penyusunan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Fisika SMA Kelas XI pada Materi Usaha dan Energi, Jurnal Pendidikan Fisika. 2014; 2(2): 20-24.
Hidayati T, Nugroho SE, dan Sudarmin. Pengembangan Tes Diagnostik untuk Mengidentifikasi Ketrampilan Proses Sains dengan Tema Energi pada Pembelajaran IPA Terpadu. Unnes Science Education Journal. 2013; 2(2): 311-319. DOI: <a href="http://dx.doi.org/10.15294/usej.v2i2.2041">http://dx.doi.org/10.15294/usej.v2i2.2041</a>
Kutluay Y. Diagnosis of Eleventh Grade Students Misconceptions about Geometric Optic by A Three-Tier Test. Tesis Department of Secondary Science and Mathematics Education of Middle East Technical University tidak dipublikasikan; (2005).
Pesman H. Development of A Three-Tier Test to Assess Ninth Grade Students Misconceptions About Simple Electric Circuits. Tesis Department of Secondary Science and Mathematics Education of Middle East Technical University tidak dipublikasikan; 2005.
Turker F. Developing A Three Tier Test to Asses High School Students Misconceptions Concerning Force and Motion. Tesis Department of Secondary Science and Mathematics Education Middle East Technical University tidak dipublikasikan; 2005.
Kanli U. Using a Two-Tier Test to Analyse Students and Teachers Alternative Concepts in Astronomy. Science Education Internasional. 2015; 26(2): 148-165. Terdapat pada: <a href="http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1064041.pdf">http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1064041.pdf</a>
Fraenkel RJ dan Wallen EN. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill; 1996.
Wiyono FM, Sugiyanto, dan Yulianti E. Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Materi Gerak untuk Siswa SMP. Malang: Universitas Negeri Malang; 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.