PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p51-60Keywords:
Jigsaw, Hasil Belajar, VektorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran diskusi-ceramah pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo, serta mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran diskusi-ceramah pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi eksperimental design (eksperimen semu) dan rancangan penelitian Non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo yang terdiri dari 6. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling, kemudian terpilih kelas XA sebagai kelas eksperimen 1 dan XB sebagai kelas eksperimen 2. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh temuan: (1) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang mulanya 14,67 mengalami peningkatan sebesar 70,14 sehingga nilai rata-rata kelas eksperimen menjadi 84,81. (2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 2 setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran diskusi-ceramah juga mengalami peningkatan meskipun tidak sebesar peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen 1. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yang mulanya 13,13 mengalami peningkatan sebesar 63,00 sehingga nilai rata-rata kelas eksperimen menjadi 76,13. (3). Dari hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran diskusi-ceramah pada materi vektor. (4). Dari hasil analisis data menggunakan effect size diperoleh nilai effect size sebesar 0,44. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw cukup berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo.
References
Serway RA dan Jewett JW. Fisika untuk Sains dan Teknik Edisi 6. Salembe Teknika: Jakarta; 2009.
Agustina. Pembelajaran Fisika Berbantu Media Hypercard pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Skripsi IKIP-PGRI Pontianak dipublikasikan; 2015.
Robert E. Cooperative Learning. Bandung: Nusamedia; 2005.
Musthofa K. Pembelajaran Fisika Dengan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Mengoptimalkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X-6 SMA MTA Surakarta. Jurnal Pendidikan Fisika. 2013; 1(1): 55-63. Terdapat pada: https://eprints.uns.ac.id/14465/1/1778-3974-1-SM.pdf
Hamid A. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gaya Bernuansa Nilai. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dipublikasikan; 2011.
Irawati I. Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XII MAN 15 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2015 Universitas Negeri Jakarta; 2014.
Hutabarat W dan Napitupulu RS. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan LKS terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 2015; 21(1): 53-38. Terdapat pada: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelitian/article/view/2991
Jumarni S, Sarwanto dan Masithoh DF. Penerapan Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 2013; 1(2): 34-40. Terdapat pada: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/2800
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2014.
Margono S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineka: Cipta; 2005.
Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset; 2009.
Sujarweni W. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2014.
Wena M. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara; 2012.
Eggen P dan Kauchak D. Strategi dan Model Pembelajaran Edisi Keenam. Jakarta: Indeks; 2012.
Rusman. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)