PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Hendrik Pratama Prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun
  • Ihtiari Prastyaningrum Prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50

Keywords:

Project Based Learning, Media Pembelajaran, Mikrohidro, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa Semester II yang mengikuti mata kuliah Fisika Teknik. Desain penelitian menggunakan sistem one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa perhitungan N-gain ternormalisasi diperoleh rata-rata kenaikan kemampuan berpikir kritis dari 20 orang peserta didik adalah 0,45 (kategori sedang). Sedangkan hasil analisis data dengan uji t (t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Nilai rerata mean diperoleh rerata nilai postes (81,44) lebih tinggi daripada nilai pretes (61,41). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

Kemendikbud. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI; 2013.

Birgili B. Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity. 2015; 2(2): 71-80. Terdapat pada: <a href="https://eric.ed.gov/?id=ED563985">https://eric.ed.gov/?id=ED563985</a>

Mergendoller JR, Markham T, Ravitz J, and Lahmer J. Pervasive Management of Project Based Learning: Teacher as Guided and Facilitators. Editor: Evertson CM dan Weinstein CS, Handbook of Classroom Management Reseach, Practice dan Contemporary Issues. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Inc; 2006.

El-Shaer A dan Gaber H. Impact of problem-based learning on students critical thinking dispositions, knowledge acquisition and retention. Journal of Education and Practice. 2014; 5(14): 74-85. Terdapat pada: <a href="http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/12992">http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/12992</a>

Sulaeman S dan Jaya RA. Perencanaan Pembangunan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kinali Pasaman Barat. Jurnal Teknik Mesin. 2015; 4(2): 90-96. Terdapat pada: <a href="https://ejournal.itp.ac.id/index.php/tmesin/article/view/269">https://ejournal.itp.ac.id/index.php/tmesin/article/view/269</a>

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta; 2010.

Hake RR. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Physics. 1998; 66(64). DOI: <a href="http://dx.doi.org/10.1119/1.18809">http://dx.doi.org/10.1119/1.18809</a>

Masek A dan Yamin S. The effect of problem based learning on critical thinking ability: a theoretical and empirical review. International Review of Social Sciences and Humanities. 2011; 2(1): 215-221. Terdapat pada: <a href="http://irssh.com/yahoo_site_admin/assets/docs/19_IRSSH-126-V2N1.51195951.pdf">http://irssh.com/yahoo_site_admin/assets/docs/19_IRSSH-126-V2N1.51195951.pdf</a>

Downloads

Published

2016-12-30

How to Cite

Pratama, H. and Prastyaningrum, I. (2016) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), pp. 44–50. doi: 10.26740/jpfa.v6n2.p44-50.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 8477 , PDF Downloads: 6274