GAMBARAN PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING AND EVALUATING) PADA GURU IPA SMP DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Authors

  • Retno Irawati Science teacher in SMP Negeri 1 Dringu, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p51-55

Keywords:

Model Pembelajaran QODE, sintaks, keterampilan guru

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berisi tentang gambaran sintak model pembelajaran QODE pada guru IPA tingkat SMP di kabupaten Probolinggo. Adapun sintak dari model QODE adalah bagian dari keterampilan yang sudah dimiliki guru IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dilaksanakan pada bulan September 2015 dengan jumlah koresponden 25 guru IPA dari SMP Negeri di Kabupaten Probolinggo. Data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa angket berisi tentang pertanyaan tertulis yang merupakan bagian dari sintak model pembelajaran QODE. Hasil penelitiannya adalah keterampilan guru membimbing siswa untuk bertanya 84%, keterampilan guru membimbing siswa untuk berdiskusi 72 %, keterampilan guru membimbing siswa untuk merencanakan kegiatan eksperimen 88 %, keterampilan siswa untuk mempresentasikan hasil eksperimen 76% dan keterampilan guru mengadakan evaluasi terhadap materi 96%. Kesimpulan penelitian ini bahwa keterampilan yang sudah dikuasai oleh guru dapat dijadikan sebagai gambaran pengenalan sintak model QODE dalam pembelajaran IPA pada materi Fisika, Biologi, dan Kimia di SMP.

References

Rusman. Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada; 2011.

Zubaidah S, Mahanal S, dan Yulianti L. Ragam Model Pembelajaran IPA SMP. Malang: Universitas Negeri Malang; 2013.

Aqib Z. Model Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya; 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2015.

Nawawi H. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Prees; 2011.

Downloads

Published

2015-12-05

How to Cite

Irawati, R. (2015) “GAMBARAN PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING AND EVALUATING) PADA GURU IPA SMP DI KABUPATEN PROBOLINGGO”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), pp. 51–55. doi: 10.26740/jpfa.v5n2.p51-55.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1273 , PDF Downloads: 504