DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DAN FAKTOR PENYEBABNYA DALAM MEMAHAMI MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 2 BENGKAYANG

Ira Nofitasari, Yuliana Sihombing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesulitan belajar peserta didik dan faktor penyebabnya dalam memahami materi listrik dinamis kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan soal tes, dan teknik komunikasi tidak langsung dengan angket respon. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Kesulitan yang dialami peserta didik dengan kriteria tinggi yaitu pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff dengan persentase sebesar 71,42 % dan energi serta daya hantar listrik dengan persentase sebesar 63,68 %, sedangkan untuk sub pokok bahasan dengan kriteria cukup tinggi yaitu pada sub pokok bahasan Hukum Ohm dan hambatan suatu konduktor dengan persentase sebesar 58,03 %, arus, tegangan, dan hambatan listrik dengan persentase sebesar 53,35 %, rangkaian resistor seri dan paralel dengan persentase sebesar 53,57 %.;(2) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik, sedangkan faktor ekstern yaitu kurangnya variasi media dan metode pembelajaran.

Keywords


kesulitan belajar; listrik dinamis; faktor penyebab

References


Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press; 2013.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta; 2013.

Arief, Meizuvan Khoirul; Handayani, Langlang; Dwijayanti, Pratiwi. Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika pada Siswa RSBI Studi Kasus di RSMABI se-Kota Semarang. Unnes Physics Education Journal. 2012; 1(2): 5-10. DOI: http://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1354.

Nawawi H. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2007.

Arikunto S dan Jabar CSA. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara; 2010.

Yudhawati R, et al. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka; 2011.

Aunnurrahman. Belajar dan Pembelajaran Memadukan Teori-teori Klasik dan Pandangan Kontemporer. Bandung: Alfabeta; 2009.

Aritonang dan Keke T. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 2008; 7(10): 11-21. Terdapat pada: http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No10-Thn7-Juni2008.pdf.

Djamarah dan Zain. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.

Rosdiana. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Wonogiri. Disertasi Doktor. Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v7n1.p44-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Jurusan Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Surabaya
Jl Ketintang, Gd C3 Lt 1, Surabaya 60231, Indonesia
Laman: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa
Email: jpfa@unesa.ac.id


Supporting Organization

Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Himpunan Fisika Indonesia (HFI) cabang Surabaya
Relawan Jurnal Indonesia (RJI)

 

 

Copyright (c) Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)

ISSN 2477-1775 (Online) and ISSN 2087-9946 (Print)