PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA ZAT PADAT MAHASISWA NON-REGULAR MELALUI PEMBELAJARAN STAD DENGAN STRATEGI SELF-EXPLANATION

Authors

  • P Parno Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p23-35

Keywords:

STAD, Self-Explanation, prestasi belajar, Fisika Zat Padat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matakuliah Fisika Zat Padat mahasiswa non-regular  melalui  pembelajaran  model  STAD  dengan strategi  Self-Explanation.  Penelitian ini menggunakan disain  kuasi  eksperimen rancangan  nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model STAD dengan strategi Self-Explanation mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, yang ditandai oleh  gain score  ternormalisasi rata-rata kelas eksperimen  berturut-turut  untuk  tes I, II, dan  final  sebesar 0,567 (kategori medium), 0,783 (kategori tinggi), dan 0,465 (kategori medium)  lebih tinggi daripada kelas kontrol  sebesar 0,366 (kategori medium), 0,391 (kategori medium), dan 0,340 (kategori medium). Di samping itu, mahasiswa kelas eksperimen memberikan respon positip  terhadap proses pembelajaran  lebih tinggi daripada kelas kontrol.

References

Arends, R.I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Chi, M.T.H., VanLehn, K.A. 1991. œThe Content of Physics Self-Explanations. THE JOURNAL OF THE LEARNING SCIENCES l (1) 69-105

Gall, M.D., Gall, J.P., and Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Allyn and Bacon

Jackson, J., Dukerich, L., and Hestenes, D. 2008. œModeling Instruction: An Effective Model for Science Education. Science Educator. Vol. 17. No. 1. Spring 2008 pp. 10-17

Hake, R. 1998. œInteractive-engagement vs traditional methods: a six-thousand-student survey of mechamics test data for introductory physics courses. Am. J, Phys. 64-74.

Lamba, H.A. 2006. œPengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 13, Nomor 2, Juni 2006.

Parlan. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Organik III Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Parlan. 2006. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Kelas X SMAN 9 Malang. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Parno. 2009a. Pengaruh STAD terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menguasai Materi Fisika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 14, Nomor 2, November 2009.

Parno. 2009b. œPeningkatan Gain Score Pretes-Postes Prestasi Belajar Fisika Zat Padat Mahasiswa Melalui Model STAD dalam Kegiatan Lesson Study. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional ke 2 Lesson Study: Perkem-bangan Innovási Pembelajaran melalui Lesson Study dan Dampaknya terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia di FMIPA Universitas Negeri Malang pada 17 Oktober 2009.

Parno. 2009c. œPengaruh Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep dan Model Pemecahan Masalah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Zat Padat Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan MATEMATIKA DAN SAINS. FMIPA UNESA. Vol. 16, No. 2, Desember 2009

Schraw, G. and Dennison, R.S. 1994. œAssessing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology, 19, 460-475

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice 2nd ed. Boston: A Simon & Schuster Company

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice (8-th Edition). Boston: Pearson.

Tajika, H., Nakatsu, N., Nozaki, H., Neumann, E., Maruno, S. 2007. œEffects of Self-Explanation as A Metacognitive Strategy for Solving Mathematical Word Problems. Japanese Psychological Research (2007), Volume 49, No. 3, 222233

Ubaya. 2006. Panduan Pelaksanaan kegiatan dan Sistem Evaluasi HPKP SMA 2006.

UM. 2013. Katalog FMIPA UM: Jurusan Fisika (Edisi 2013). Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Wenning, C.J. 2003. œChange principles for departmentally-based physics teacher education programs. JOURNAL OF PHYSICS TEACHER EDUCATION ONLINE Vol. 2, No. 1 September 2003 pp. 7-12

Woolfolk, A, Hughes, M, and Walkup, V. 2008. Psychology in Education. New York: Pearson Longman

Downloads

Published

2014-06-14

How to Cite

Parno, P. (2014) “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA ZAT PADAT MAHASISWA NON-REGULAR MELALUI PEMBELAJARAN STAD DENGAN STRATEGI SELF-EXPLANATION”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), pp. 23–35. doi: 10.26740/jpfa.v4n1.p23-35.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 636 , PDF Downloads: 337