DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v4n2.p1-7

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA ANIMASI SOFTWARE PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

N Nurhayati, Syarifah Fadilah, M Mutmainah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode demonstrasi berbantu media animasi Software PhET dalam membelajarkan materi listrik dinamis, menganalisis pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantu media animasi Software PhETterhadap hasil belajar siswa dan mengetahui efektifitas penerapan metode demonstrasi berbantu media animasi Software PhET dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis. Metode penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental Design (eksperimen semu) dan bentuk desain Nonequivalent Group Posttest-Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari tujuh kelas. Dari tujuh kelas ini diambil dua kelas sebagai sampel teknik cluster random sampiling. Sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XF, kelas yang diajarkan menggunakan metode demonstrasi berbantu media animasi Software PhET dan kelas kontrol yaitu kelas XA, kelas yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini dimulai dari uji coba instrumen dan pengambilan data, analisis uji instrumen dan analisis data serta uji hipotesis menggunakan U-Mann Whitney karena kedua data tidak berdistribusi normal. Sedangkan untuk mengetahui besar efektifitas penerapan metode demontrasi berbantu media animasi Software PhET dengan menggunakan rumus effect size. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata–rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 72,72 sedangkan rata–rata posttest pada kelas kontrol sebesar 54,89. Hasil uji hipotesis menggunakan U-Mann Whitney diperoleh Zhitung = -3,198 untuk α=5% diperoleh Ztabel sebesar -1,64 dengan demikian Zhitung<Ztabelatau -3,198 <-1,64, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode demonstrasi berbantu media animasi Software PhET lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan analisis data diperoleh Effect Size sebesar 0,8 maka dapat disimpulkan efektivitas penerapan metode demonstrasi berbantu media animasi Software PhET dalam materi listrik dinamis kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 pontianak tergolong sedang.

Keywords


Metode demonstrasi; media animasi Software PhET; listrik dinamis; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anita, S, & Rusman. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian Edisi Ke-2. Universitas Sebelas Maret Press: Surakarta.

Marczyk, G., DeMatteo, D., & Festinger, D. 2005. Essential Of Research Design And Methodology. USA: John Wiley & Sons, Inc

Sari, T.A., Bektiarso, S, dan Yushardi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Generatif dengan Metode Demonstasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran FisikaUNEJ, Vol.1 No.2, hal 145-151.

Sumantri, M. 2001. Pengertian Metode Demonstrasi. [Online]. Tersedia: http://www. Elfitriastikawati. Blogspot.com /2012/09. html [2 Februari 2014].

Surapranata, S. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Intepretasi Hasil Tes-Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sutilawaty, C. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Hukum Archimedes Di Kelas VIII SMP Bina Utama Pontianak. Skripsi pada STKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Sutrisno, Leo. 2008. Remediation of Weaknesses of Physics Concepts. Pontianak: Untan Press.

Tirtarahardja & Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Wahyudi, & Dinata, W.A. 2013. Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Media Animasi pada Materi Konsep Zat di Kelas VII SMPN 4 Pontianak. Jurnal Pend. Informatika dan Sains, Vol.2, No.2, hal 187-200.

Widodo, B. 2005. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Model STAD Mata Kuliah Fisika Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Jurnal Varidika, 17 (2), 106-108



Article Metrics
Abstract view: 3219 times
PDF: 2216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Universitas Negeri Surabaya
the State University of Surabaya
Website: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa
Email: jpfa@unesa.ac.id

in collaboration with:

Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII)
Indonesian Society for Science Educators
Website: http://ppii.or.id/
SK Kemkumham: pdf
MoA JPFA-PPII: pdf

Physical Society Indonesia (PSI)
Website: http://www.fisika.or.id/
MoA JPFA-PSI: pdf


Supporting Organization

Asosiasi MIPA LPTK Indonesia
Himpunan Fisika Indonesia (HFI) cabang Surabaya

 

 

Copyright (c) Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)

ISSN 2477-1775 (Online) and ISSN 2087-9946 (Print)