PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DENGAN SCIENTIFIC APPROACH
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n1.p28-32Keywords:
Miskonsepsi, Rangkaian Listrik, Pendekatan ScientifikAbstract
Studi pendahuluan menemukan bahwa banyak miskonsepsi yang terjadi pada materi rangkaian listrik pada topik semakin jauh dari kutub positif baterai, arus listrik semakin kecil, perubahan komponen tidak berpengaruh pada arus komponen lain, baterai sebagai sumber arus tetap, dan arus menimbulkan adanya beda potensial dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang mampu mereduksi miskonsepsi siswa tentang materi rangkaian listrik berdasarkan profil miskonsepsi siswa, dan menurunkan miskonsepsi siswa sesudah diterapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan desain ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate).Perangkat dibuat dengan menganalisis KI-KD materi rangkaian listrik.Kemudian disusun perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Tahap selanjutnya adalah validasi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang tervalidasidiujicobakan ke siswa kelas IX B SMP Laboratorium Unesa.Sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran saintifik, siswa diberikan 10 soal pretes dan postes yang dilengkapi dengan kolom Certainty of Response Index (CRI) untuk membedakan siswa yang tahu konsep (TK), tidak tahu konsep (TTK), dan miskonsepsi (MK). Jumlah miskonsepsi tiap siswa pada pretes dan postes dianalisis menggunakan uji N-Gain ternormalisasi. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pendekatan saintifik mampu mereduksi miskonsepsi siswa dengan kriteria rendah hingga sedang serta kelayakan dari tiap-tiap bagian perangkat pembelajaran dalam kategori layak dan sangat layakReferences
Sudibyo, Imam. 2013. Profil Konsepsi Hukum Newton Dan Kecakapan Berpikir Kritis Mahasiswa Angkatan 2012 Kelas Internasional prodi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Skripsi Fisika FMIPA Unesa
Ibrahim, Muslimin. 2012. Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: UNESA University Press.
Kim, Yeounsoo et al. 2006. Students Cognitive Conflict and Conceptual Change in a Physics by Inquiry Class. Journal of American Institute of Physics 0-7354-0311- 02/06.
Berg, E.V. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.

