PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSTRUKTIVIS PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM FISIKA II (TKF II) UNTUK MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL DI JURUSAN FISIKA UNESA

Authors

  • Supriyono Supriyono Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v3n1.p31-40

Keywords:

bahan ajar, konstruktivis, TKF II

Abstract

Perkuliahan Telaah Kurikulum Fisika di Jurusan Fisika dilaksanakan setiap semester dengan cakupan untuk semester gasal membahas konsep-konsep fisika untuk tingkat SMP dan untuk semester genap membahas konsep-konsep fisika SMA. Peran mata kuliah ini sangat penting karena untuk lebih menguatkan konsep-konsep dasar yang diperoleh mahasiswa dalam perkuliahan Fisika Dasar. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan kegiatan perkuliahan , ada beberapa fakta yang dapat disampaikan, antara lain: Mahasiswa masih kesulitan bernalar tentang konsep untuk menjelaskan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Standar ini masih cukup jauh dari kompetensi yang ingin dicapai pada mata kuliah ini yaitu mahasiswa mampu menganalisis cakupan materi dalam kurikulum SMA,menentukan kedalaman materi, menguasai konsep-konsep dan dapat menggunakan konsep-konsep tersebut untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.Dengan demikian sangat diperlukan buku ajar yang dapat digunakan sebagai rujukan dalam memahami konsep-konsep dasar fisika sesuai kebutuhan calon guru di tingkat Sekolah Menengah.Tujuan utama dalam penelitian ini adalah dihasilkan buku ajar untuk mata kuliah Telaah Kurikulum Fisika II (TKF II) yang layak digunakan di Kelas Internasional ditinjau dari kesesuaian buku tersebut dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa di kelas internasional Jurusan Fisika. Tujuan yang lain yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah (a) Mendiskripsikan kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dengan pencapaian kompetennsi pada mata kuliah TKF II untuk mahasiswa Kelas Internasional. (b) Mendiskripsikan keterampilan mahasiswa Kelas Internasional dalam menganalisis konsep berdasarkan SK dan KD pada Kurikulum Fisika SMA? (c)Mendiskripsikan respon mahasiswa Kelas Internasional terhadap bahan ajar berbasis konstruktivis yang dikembangkan. Metode pengembangan bahan ajar ini mengacu pada kerangka pikir Thiagarajan dan Semmel &Semmel yang terdiri dari empat tahap yaitu: tahap define (penetapan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dessiminate (penyebaran). Tahap define dan design masuk pada fase perencanaan pengembangan sedangkan develop dan dessiminate masuk dalam fase pengembangan. Kesimpulan dari hasilpenelitian ini adalah: (a) Buku ajar berbasis konstruktivis untuk mata kuliah TKF II cukup baik dan layak digunakan, (b) Ditinjau dari kelayakan isi, kebahasaan, sajian dan kegrafisan sudah cukup baik walaupun masih perlu disempurnakan (c) Keterampilan mahasiswa dalam menganalisis konsep relatif masih rendah dan perlu ditingkatkan. (d) Respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan cukup baik.

References

Abbeduto, Leonard, (2004) Taking Sides: Clashing Views on Controversial Issues in Educational Psychology, Third Edition, McGraw-Hill/Dushkin.

Darliana, (2007).Keterampilan Berpikir Kompleks dan implementasinya dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta: Puspendik dan Tenaga Kependidikan IPA

Depdiknas, 2009, Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta

Hidayat, A. 2009.Pengembangan CDROM Interaktif Sebagai Bahan Ajar Praktik Akuntansi II. http:educare.e-fkipunia.net. diakses pada tanggal 16 September 2009.

Kemp, J.E., Morrison, G.R., & Ross, S.M. (1996).Designing Effective Instruction, 2nd Edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Nur, M, 2000, Buku panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains: Surabaya

Thiagarajan, S., semmel, D.s., & Semmel, M.I. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolish, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Downloads

Published

2013-06-14

How to Cite

Supriyono, S. (2013) “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSTRUKTIVIS PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM FISIKA II (TKF II) UNTUK MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL DI JURUSAN FISIKA UNESA”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), pp. 31–40. doi: 10.26740/jpfa.v3n1.p31-40.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1012 , PDF Downloads: 531