PERANAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47Keywords:
Kreativitas, kemampuan memecahkan masalahAbstract
Proses belajar mengajar merupakan aktivitas yang berlangsung dengan melibatkan bermacammacam komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang salah satunya adalah kreativitas siswa. Untuk itu perlu dilakukan usaha perbaikan pengajaran yang lebih mendasar yang menyangkut tentang proses pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan bagaimanakah pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika pokok bahasan optic fisis dalam pembelajaran kontekstual. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA 3 Jombang, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas XI-A. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes, yaitu tes kreativitas dan tes kemampuan memecahkan masalah. Data dianalisis dengan analisis korelasi regresi sederhana diperoleh hasil penelitian sebagai berikut Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika pokok bahasan optic fisis dengan koefisien korelasi r = 0,752 dan diperoleh hubungan fungsional antara kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah yang dinyatakan dengan garis linier Y = 8,37 + 0,85X. Hasil penelitian ini juga menunjukkan makin tinggi kreativitas makin tinggi pula kemampuan memecahkan masalah dalam pelajaran fisika. Dengan demikian usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu diarahkan pada pengembangan potensi kreativitas dalam pembelajaran.
References
Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan). Jakarta: Bina Reneka Cipta.
Abdullah, Mikrajudin. 2004. Sains Fisika SMA untuk kelas XI. Jakarta: Erlangga
AS. Munandar dkk. 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.
Coleman, Hammen. 1985. On The Role Of Creative Thinking in Problem Posing. Englewood Clifft New Jersey: Prentice Hall, Inc
Fatichatunnaiyirah. 2004. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Wallas Dalam Pengajuan Masalah Matematika Dengan Informasi Berupa Teks Di kelas I-A SMPN 26 Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Unmuh
Morgan, Guilford T.et. al. 1986. Introduction to Educational Psychologi. 7 th ed. St Paul: Wset Publ. Co
Munandar, S.C.U. 1987. Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia
Munandar, S.C.U. 2002. Kreativitas dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreativitas Dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Pengalaman Sepuluh Tokoh Kreativitas Indonesia, 2001. Mengembangkan Kreativitas. Jakarta: Pustaka Popular Obor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.

