PERANAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Dwi Sambada FKIP Universitas Terbuka Kampus C Unair Mulyorejo 60115

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47

Keywords:

Kreativitas, kemampuan memecahkan masalah

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan aktivitas yang berlangsung dengan melibatkan bermacammacam komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang salah satunya adalah kreativitas siswa. Untuk itu perlu dilakukan usaha perbaikan pengajaran yang lebih mendasar yang menyangkut tentang proses pemecahan masalah dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan bagaimanakah pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika pokok bahasan optic fisis dalam pembelajaran kontekstual. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA 3 Jombang, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas XI-A. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes, yaitu tes kreativitas dan tes kemampuan memecahkan masalah. Data dianalisis dengan analisis korelasi regresi sederhana diperoleh hasil penelitian sebagai berikut Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika pokok bahasan optic fisis dengan koefisien korelasi r = 0,752 dan diperoleh hubungan fungsional antara kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah yang dinyatakan dengan garis linier Y = 8,37 + 0,85X. Hasil penelitian ini juga menunjukkan makin tinggi kreativitas makin tinggi pula kemampuan memecahkan masalah dalam pelajaran fisika. Dengan demikian usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu diarahkan pada pengembangan potensi kreativitas dalam pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan). Jakarta: Bina Reneka Cipta.

Abdullah, Mikrajudin. 2004. Sains Fisika SMA untuk kelas XI. Jakarta: Erlangga

AS. Munandar dkk. 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Coleman, Hammen. 1985. On The Role Of Creative Thinking in Problem Posing. Englewood Clifft New Jersey: Prentice Hall, Inc

Fatichatunnaiyirah. 2004. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Wallas Dalam Pengajuan Masalah Matematika Dengan Informasi Berupa Teks Di kelas I-A SMPN 26 Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Unmuh

Morgan, Guilford T.et. al. 1986. Introduction to Educational Psychologi. 7 th ed. St Paul: Wset Publ. Co

Munandar, S.C.U. 1987. Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia

Munandar, S.C.U. 2002. Kreativitas dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreativitas Dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Pengalaman Sepuluh Tokoh Kreativitas Indonesia, 2001. Mengembangkan Kreativitas. Jakarta: Pustaka Popular Obor.

Downloads

Published

2012-12-14

How to Cite

Sambada, D. (2012) “PERANAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), pp. 37–47. doi: 10.26740/jpfa.v2n2.p37-47.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 9375 , PDF Downloads: 11407