DESAIN SIMULASI PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA CERMIN CEMBUNG MENGGUNAKAN GUI BUILDER SCILAB 5.5.0

Authors

  • Erwin Randjawali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v7n2.p102-114

Keywords:

simulasi, cermin cembung, Scilab, GUI builder

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan dari makalah yang telah dipresentasikan pada Seminar Internasional namun menggunakan tipe cermin yang berbeda dan berbasis Graphical User Interface (GUI). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan simulasi pembentukan bayangan pada cermin cembung sebagai media pembelajaran Fisika yang dapat digunakan secara mudah dan efektif. Penelitian ini bersifat studi literatur, dengan menggunakan metode komparatif antara hasil simulasi dan hasil analitik. Simulasi dalam penelitian ini dibuat menggunakan aplikasi Scilab 5.5.0 dengan GUI Builder versi 3.0, dengan memanfaatkan konsep Fisika dan Matematika, di mana cermin cembung disimulasikan menggunakan persamaan parametrik untuk lingkaran, sedangkan sinar-sinar istimewa disimulasikan menggunakan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu. Dalam penelitian ini disimulasikan pembentukan bayangan dari sebuah benda dengan tinggi 7cm yang diletakkan pada jarak 15cm dari sebuah cermin cembung yang memiliki radius kelengkungan -30cm. Cermin cembung yang disimulasikan dalam penelitian ini diasumsikan sebagai sebuah permukaan datar. Simulasi yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik pada Scilab 5.5.0. Dari hasil simulasi ini, diperoleh tinggi bayangan sebesar 3.5cm dan jarak bayangan sebesar -7.5cm. Hasil perhitungan ini dibandingkan dengan hasil perhitungan secara analitik, dan diperoleh error perhitungan sebesar 0%, dengan kata lain hasil tersebut sama dengan hasil yang diperoleh dengan cara analitik, dan sekaligus membenarkan pernyataan bahwa proses pembentukan bayangan pada cermin cembung lebih mudah untuk digambarkan apabila cermin tersebut dianggap sebagai sebuah permukaan datar. Dengan demikian, simulasi ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran Fisika.

Author Biography

Erwin Randjawali, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Saya bekerja di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba sebagai pengajar Matakuliah Fisika Dasar, dan melakukan penelitian terkait Fisika dan aplikasinya.

References

Randjawali E dan Riupassa RD. Simulated Analysis of Image Formation for Concave Mirror with Scilab by Using the Concept of Calculus. Proceeding of 7th Asian Physics Symposium. Bandung: Istitut Teknologi Bandung. 2017; 143. Terdapat pada: <a href="http://aps2017.interconf.org/wp-content/uploads/2017/08/APS2017_Book_of_Abstracts_rev1.pdf"> http://aps2017.interconf.org/wp-content/uploads/2017/08/APS2017_Book_of_Abstracts_rev1.pdf</a>.

Saleh S. Malaysian Students' Motivation Towards Physics Learning. European Journal of Science and Mathematics Education. 2014; 2(4): 223-232. Terdapat pada: <a href="https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1107653.pdf">https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1107653.pdf</a>.

Adesoji FA. Managing Students Attitude Towards Science Through ProblemSolving Instructional Strategy. Anthropologist. 2008; 10(1): 21-24. Terdapat pada: <a href="http://www.krepublishers.com/02-Journals/T-Anth/Anth-10-0-000-08-Web/Anth-10-1-000-08-Abst-PDF/Anth-10-1-021-08-452-Adesoji-F-A/Anth-10-1-021-08-452-Adesoji-F-A-Tt.pdf">http://www.krepublishers.com/02-Journals/T-Anth/Anth-10-0-000-08-Web/Anth-10-1-000-08-Abst-PDF/Anth-10-1-021-08-452-Adesoji-F-A/Anth-10-1-021-08-452-Adesoji-F-A-Tt.pdf</a>.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (pasal 40); 2003. Terdapat pada: <a href="https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf">https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf</a>.

Ornek F, Robinson W R, dan Haugan M P. What Makes Physics Difficult? International Journal of Environmental & Science Education. 2008; 3(1): 30-34. Terdapat pada: <a href=" http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.557.4220&rep=rep1&type=pdf">http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.557.4220&rep=rep1&type=pdf</a>.

Kaltakci-Gurel D, Eryilmaz A, dan McDermott LC. Identifying Pre-Service Physics Teachers Misconceptions and Conceptual Difficulties about Geometrical Optics. European Journal of Physics. 2016; 37(4): 045705. Terdapat pada: <a href=" http://akademikpersonel.kocaeli.edu.tr/kaderya/sci/kaderya11.05.2016_21.20.26sci.pdf">http://akademikpersonel.kocaeli.edu.tr/kaderya/sci/kaderya11.05.2016_21.20.26sci.pdf</a>.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (penjelasan pasal 10); 2005. Terdapat pada: <a href=" http://humas.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.pdf">http://humas.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.pdf</a>.

Ingerman Ã…, Linder C, Marshall D, dan Booth S. Learning and The Variation in Focus Among Physics Students When Using a Computer Simulation. NorDiNa. 2007; 3(1): 3. Terdapat pada: <a href=" http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/local_89943.pdf">http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/local_89943.pdf</a>.

Sahin S. Computer Simulations in Science Education: Implications for Distance Education. Turkish Online Journal of Distance Education. 2006; 7(4):1-13. Terdapat pada: <a href=" https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED494379.pdf">https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED494379.pdf</a>.

Taub R, Armoni M, Ben-Ari MM. The Effect of Computer Science and Active Simulation Design on Physics Learning. Proceedings of the 9th Chais Conference for the Study of Innovation and Learning Technologies: Learning in the Technological Era. The Open University of Israel. 2014; 94-99. Terdapat pada: <a href=" http://www.openu.ac.il/innovation/chais2014/download/A1-2.pdf">http://www.openu.ac.il/innovation/chais2014/download/A1-2.pdf</a>.

Neves RG, Silva JC, dan Teodoro VD. Improving Learning in Science and Mathematics with Exploratory and Interactive Computational Modelling. InTrends in Teaching and Learning of Mathematical Modelling. Springer: Dordrecht; 2011. Terdapat pada: <a href="https://arxiv.org/pdf/1006.4655.pdf">https://arxiv.org/pdf/1006.4655.pdf</a>.

Christian W dan Esquembre F. Modeling Physics with Easy Java Simulations. The Physics Teacher. 2007; 45(8): 475-480. Terdapat pada: <a href="https://www.researchgate.net/profile/Wolfgang_Christian/publication/228674805_Modeling_Physics_with_Easy_Java_Simulations/links/556454ef08ae6f4dcc992d42/Modeling-Physics-with-Easy-Java-Simulations.pdf">https://www.researchgate.net/profile/Wolfgang_Christian/publication/228674805_Modeling_Physics_with_Easy_Java_Simulations/links/556454ef08ae6f4dcc992d42/Modeling-Physics-with-Easy-Java-Simulations.pdf</a>.

Kroothkaew S dan Srisawasdi N. Teaching How Light Can Be Refracted Using Simulation-Based Inquiry with A Dual-Situated Learning Model. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 2013; 93: 2023-2027. Terdapat pada: <a href="https://ac.els-cdn.com/S1877042813036045/1-s2.0-S1877042813036045-main.pdf?_tid=488a6968-dfdd-11e7-8bd8-00000aacb361&acdnat=1513152895_b78ef1c3fe4568784b705f20c2ca52d8">https://ac.els-cdn.com/S1877042813036045/1-s2.0-S1877042813036045-main.pdf?_tid=488a6968-dfdd-11e7-8bd8-00000aacb361&acdnat=1513152895_b78ef1c3fe4568784b705f20c2ca52d8</a>.

Liu CY, Wu CJ, Wong WK, Lien YW, dan Chao TK. Scientific Modeling with Mobile Devices in High School Physics Labs. Computers & Education. 2017; 105: 44-56. Terdapat pada: <a href="http://web.ntnu.edu.tw/~cjwu/PDF/LiuWuWong_2016.pdf">http://web.ntnu.edu.tw/~cjwu/PDF/LiuWuWong_2016.pdf</a>.

Rivera-Ortega U dan Dirckx J. Visualizing The Phenomena of Wave Interference, Phase-Shifting and Polarization by Interactive Computer Simulations. European Journal of Physics. 2015; 36(5): 055016. Terdapat pada: <a href="https://www.researchgate.net/profile/Uriel_Rivera-Ortega/publication/280082661_Visualizing_the_phenomena_of_wave_interference_phase-_shifting_and_polarization_by_interactive_computer_simulations/links/55a72a0b08aeb4e8e646d467.pdf">https://www.researchgate.net/profile/Uriel_Rivera-Ortega/publication/280082661_Visualizing_the_phenomena_of_wave_interference_phase-_shifting_and_polarization_by_interactive_computer_simulations/links/55a72a0b08aeb4e8e646d467.pdf</a>.

Almeida T, Nogueira R, dan André P. Graphical User Interfaces for Teaching and Research in Optical Communications. Optical Society of America. 2013; EThF4. Terdapat pada: <a href="https://www.osapublishing.org/abstract.cfm?uri=ETOP-2013-EThF4">https://www.osapublishing.org/abstract.cfm?uri=ETOP-2013-EThF4</a>.

Hasan MK, Sulaiman J, dan Karim SA. Heat Simulation Via Scilab Programming. AIP Conference Proceedings. 2014; 1605(1): 113-118. Terdapat pada: <a href="http://aip.scitation.org/doi/pdf/10.1063/1.4887574">http://aip.scitation.org/doi/pdf/10.1063/1.4887574</a>.

Sornaik S dan Savant S. Scilab: An Open Source Software. International Journal of Computer Applications (0975-8887), International Conference on Advances in Information Technology and Management ICAIM. 2016; 1: 5-8. Terdapat pada: <a href="http://research.ijcaonline.org/icaim2016/number1/icaim201634.pdf">http://research.ijcaonline.org/icaim2016/number1/icaim201634.pdf</a>.

Varberg D, Purcell E J, dan Rigdon S E. Kalkulus Edisi Kesembilan, Jilid 1. Jakarta: Erlangga; 2010.

Tipler, P A. Fisika untuk Sains dan Teknik, Jilid 2. Jakarta: Erlangga; 2001.

Kattayat S, Josey S, dan Asha JV. The Relationship between Simulation Assisted Instruction and Attitude towards Physics of Adolescent Students. American Scientific Research Journal for Engineering, Technology, and Sciences (ASRJETS). 2016; 22(1): 32-38. Terdapat pada: <a href="http://asrjetsjournal.org/index.php/American_Scientific_Journal/article/viewFile/1822/822">http://asrjetsjournal.org/index.php/American_Scientific_Journal/article/viewFile/1822/822</a>.

Downloads

Published

2017-12-30

How to Cite

Randjawali, E. (2017) “DESAIN SIMULASI PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA CERMIN CEMBUNG MENGGUNAKAN GUI BUILDER SCILAB 5.5.0”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 7(2), pp. 102–114. doi: 10.26740/jpfa.v7n2.p102-114.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 8126 , PDF Downloads: 5130