PENGKONSTRUKSIAN KONSEP FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Authors

  • Abdul Faqih FKIP UT Kampus C Unair Mulyorejo Surabaya 60115

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p29-36

Keywords:

pengkonstruksian konsep, pembelajaran STAD

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti berkolaborasi dengan guru di SMA 2 Mojokerto didapatkan bahwa perlu membantu siswa untuk menemukan sendiri konsep fisika dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan bermakna. Peneliti mencoba menerapkan suatu pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik yaitu dengan pendekatan konstruktivis melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika materi Listrik dinamis di SMA 2 Mojokerto. Rancangan penelitian ini adalah True Experimental design dengan replikasi. Sampel penelitian kelas diambil 3 kelas. Dari hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung berturut-turut kelas XA, dan XB sebesar 4,6 dan 3,26 dengan ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas XA dan kelas XB berbeda dengan kelas kontrol. Hasil uji-t satu pihak didapatkan thitung berturut-turut kelas XA dan XB sebesar 4,6 dan 3,26 dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas XA dan kelas XB lebih baik daripada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivis melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap pengkonstruksian konsep fisika berupa hasil belajar fisika materi Listrik Dinamis siswa X SMA 2 Mojokerto.

References

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bratanata, Juhara. 2007. Soal-Soal Uji Kompetensi Fisika SMA Kelas X. Bandung: CV Pustaka Setia.

Departemen Pendidikan Nasional 2003. Kurikulum . Jakarta: Depdiknas.

Nugroho, Djoko. 2002. Evaluasi Mandiri Fisika SMA untuk Kelas X.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sardiman.1986.Perkembangan Kognitif.Bandung: Sinar Baru Algesindo

Nur, M. Wikandari.2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: University Press.

Rohana. A 2004. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Asdimahasatya.

Sudjana, M.A. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung

Tipler, Paul A.1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik: Edisi Ketiga.Jakarta: Erlangga

Kardi, M. Nur, M. 1999. Pengantar Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas.Surabaya: University Press

Downloads

Published

2012-12-14

How to Cite

Faqih, A. (2012) “PENGKONSTRUKSIAN KONSEP FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), pp. 29–36. doi: 10.26740/jpfa.v2n2.p29-36.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 822 , PDF Downloads: 461