PENGKONSTRUKSIAN KONSEP FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p29-36Keywords:
pengkonstruksian konsep, pembelajaran STADAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti berkolaborasi dengan guru di SMA 2 Mojokerto didapatkan bahwa perlu membantu siswa untuk menemukan sendiri konsep fisika dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan bermakna. Peneliti mencoba menerapkan suatu pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik yaitu dengan pendekatan konstruktivis melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika materi Listrik dinamis di SMA 2 Mojokerto. Rancangan penelitian ini adalah True Experimental design dengan replikasi. Sampel penelitian kelas diambil 3 kelas. Dari hasil analisis uji-t dua pihak didapatkan thitung berturut-turut kelas XA, dan XB sebesar 4,6 dan 3,26 dengan ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas XA dan kelas XB berbeda dengan kelas kontrol. Hasil uji-t satu pihak didapatkan thitung berturut-turut kelas XA dan XB sebesar 4,6 dan 3,26 dengan ttabel sebesar 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas XA dan kelas XB lebih baik daripada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivis melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap pengkonstruksian konsep fisika berupa hasil belajar fisika materi Listrik Dinamis siswa X SMA 2 Mojokerto.
References
Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bratanata, Juhara. 2007. Soal-Soal Uji Kompetensi Fisika SMA Kelas X. Bandung: CV Pustaka Setia.
Departemen Pendidikan Nasional 2003. Kurikulum . Jakarta: Depdiknas.
Nugroho, Djoko. 2002. Evaluasi Mandiri Fisika SMA untuk Kelas X.Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sardiman.1986.Perkembangan Kognitif.Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nur, M. Wikandari.2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: University Press.
Rohana. A 2004. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Asdimahasatya.
Sudjana, M.A. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung
Tipler, Paul A.1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik: Edisi Ketiga.Jakarta: Erlangga
Kardi, M. Nur, M. 1999. Pengantar Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas.Surabaya: University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)