Strategi Pengajaran Sains dengan Analogi Suatu Metode Alternatif Pengajaran Sains Sekolah

Authors

  • Tjipto Prastowo Jurusan Fisika, FMIPA Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n1.p8-13

Abstract

Peran analogi sebagai salah satu strategi pengajaran sains dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah sangat besar. Strategi ini dapat digunakan sebagai suatu metode alternatif untuk memecahkan kebuntuan komunikasi belajar antara guru dan siswa, khususnya bila siswa menghadapi kesulitan belajar dalam hal memahami materi ajar baru namun memiliki kemiripan alur berpikir dengan materi ajar sebelumnya. Sebagai basis berpikir metode pengajaran dengan analogi, artikel ini akan memperkenalkan dan mendiskusikan dua konsep utama, yaitu: konsep rujukan, materi ajar yang sudah dipahami sebelumnya oleh siswa, dan konsep target, materi ajar yang akan dipahamkan kepada siswa. Pembahasan kedua konsep tersebut akan disertai dengan beberapa contoh kasus dalam pengajaran fisika di sekolah. Tidak tertutup kemungkinan bagi para guru di kelas untuk memanfaatkan metode alternatif ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Dengan demikian, pengayaan materi ajar tidak saja dapat dilakukan melalui latihan soal berulang dan berjenjang, melainkan juga dapat dengan memperkenalkan paradigma baru agar diperoleh spektrum pemahaman materi ajar yang lebih luas dan komprehensif.

References

Abdullah, M. 2009. Kreatif dan Inovatif dalam Pengajaran Sains. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.2, 27-28.

Brown, D. E. 1992. Using Examples and Analogies to Remediate Misconceptions in Physics: Factors influencing conceptual change. Journal of Research in Science Teaching, Vol.29, No.1, 17-34.

Clement, J. 1993. Using Bridging Analogies and Anchoring Intuitions to Deal with Students Preconceptions in Physics. Journal of Research in Science Teaching, Vol.30, No.10, 1241-1257.

Duit, R. 1991. On the Role of Analogies and Metaphors in Learning Science. Science Education, Vol.75, 649-672.

Glynn, S. M. 1995. Conceptual Bridges: Using analogies to explain scientific concepts. The Science Teacher, Vol.62 (9), 25-27.

Gribbin, J. 1998. A Brief History of Science. The Ivy Press Ltd. Sussex, UK.

Khairurrijal, N. Kurniasih, E. J. Mustopa, dan M. Abdullah. 2010. Konsep Medan Listrik Menggunakan Analogi Konsep Medan Gravitasi untuk Pengajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.78, 8285.

Kurniasih, N., Novitrian, W. Srigutomo. 2009. Pengajaran Konduksi Termal Menggunakan Analogi Konduksi Listrik. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.3, 82-85.

Longair, M. 2003. Theoretical Concepts in Physics. Cambridge Uni Press. Cambridge, UK.

Sutrisno, W. 2009. Penumbuhan Sikapsikap Positif Melalui Pembelajaran Fisika. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.1, 14-17.

Downloads

Published

2011-06-14

How to Cite

Prastowo, T. (2011) “Strategi Pengajaran Sains dengan Analogi Suatu Metode Alternatif Pengajaran Sains Sekolah”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(1), pp. 8–13. doi: 10.26740/jpfa.v1n1.p8-13.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5029 , PDF Downloads: 4471