Strategi Pengajaran Sains dengan Analogi Suatu Metode Alternatif Pengajaran Sains Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n1.p8-13Abstract
Peran analogi sebagai salah satu strategi pengajaran sains dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah sangat besar. Strategi ini dapat digunakan sebagai suatu metode alternatif untuk memecahkan kebuntuan komunikasi belajar antara guru dan siswa, khususnya bila siswa menghadapi kesulitan belajar dalam hal memahami materi ajar baru namun memiliki kemiripan alur berpikir dengan materi ajar sebelumnya. Sebagai basis berpikir metode pengajaran dengan analogi, artikel ini akan memperkenalkan dan mendiskusikan dua konsep utama, yaitu: konsep rujukan, materi ajar yang sudah dipahami sebelumnya oleh siswa, dan konsep target, materi ajar yang akan dipahamkan kepada siswa. Pembahasan kedua konsep tersebut akan disertai dengan beberapa contoh kasus dalam pengajaran fisika di sekolah. Tidak tertutup kemungkinan bagi para guru di kelas untuk memanfaatkan metode alternatif ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Dengan demikian, pengayaan materi ajar tidak saja dapat dilakukan melalui latihan soal berulang dan berjenjang, melainkan juga dapat dengan memperkenalkan paradigma baru agar diperoleh spektrum pemahaman materi ajar yang lebih luas dan komprehensif.
References
Abdullah, M. 2009. Kreatif dan Inovatif dalam Pengajaran Sains. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.2, 27-28.
Brown, D. E. 1992. Using Examples and Analogies to Remediate Misconceptions in Physics: Factors influencing conceptual change. Journal of Research in Science Teaching, Vol.29, No.1, 17-34.
Clement, J. 1993. Using Bridging Analogies and Anchoring Intuitions to Deal with Students Preconceptions in Physics. Journal of Research in Science Teaching, Vol.30, No.10, 1241-1257.
Duit, R. 1991. On the Role of Analogies and Metaphors in Learning Science. Science Education, Vol.75, 649-672.
Glynn, S. M. 1995. Conceptual Bridges: Using analogies to explain scientific concepts. The Science Teacher, Vol.62 (9), 25-27.
Gribbin, J. 1998. A Brief History of Science. The Ivy Press Ltd. Sussex, UK.
Khairurrijal, N. Kurniasih, E. J. Mustopa, dan M. Abdullah. 2010. Konsep Medan Listrik Menggunakan Analogi Konsep Medan Gravitasi untuk Pengajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.78, 8285.
Kurniasih, N., Novitrian, W. Srigutomo. 2009. Pengajaran Konduksi Termal Menggunakan Analogi Konduksi Listrik. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.3, 82-85.
Longair, M. 2003. Theoretical Concepts in Physics. Cambridge Uni Press. Cambridge, UK.
Sutrisno, W. 2009. Penumbuhan Sikapsikap Positif Melalui Pembelajaran Fisika. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol.1, No.1, 14-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.

