Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Menyelesaikan AKM Numerasi ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif-Reflektif

Authors

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengkaji gaya kognitif impulsif dan reflektif siswa dan kemampuan mereka untuk berkomunikasi matematis. Jenis Penelitian ini merupakan kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini melibatkan siswa SMP kelas VIII. Teknik sampling purposive digunakan untuk memilih subjek penelitian. Keabsahan data yang diperoleh melalui metode triangulasi metode digunakan dalam penelitian ini.  Analisis data menggunakan proses reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa empat karakteristik siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif, yakni (1) mampu menyatakan informasi atau masalah yang terdapat dalam soal dengan waktu relatif cepat dalam menemukan informasi tersebut, namun masih kurang akurat; (2) subjek tidak dapat menyatakan masalah dalam model matematika; (3) subjek tidak mampu untuk menyatakan penyelesaian secara sistematis, sebab siswa tidak menemukan ide untuk memproses informasi atau masalah yang ada; dan (4) subjek mampu menyimpulkan jawaban secara lisan dengan perolehan yang siswa dapatkan, namun tidak untuk mengevaluasi hasil penyelesaian siswa. Sedangkan empat karakteristik siswa dengan gaya kognitif reflektif adalah (1) subjek mampu menyatakan permasalahan yang ada pada soal; (2) subjek mampu menjelaskan dan menyatakan secara lisan untuk model matematika, namun tidak secara tertulis; (3) subjek tidak mampu menyatakan peyelesaian secara sistematis, sebab subjek meninggalkan poin penting dalam penyelesaian; dan (4) subjek mampu menyatakan kesimpulan dan mengevaluasi jawaban yang telah dilakukan.

Published

2024-11-28

How to Cite

Himmah, F., Susanah, & Shodikin, A. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Menyelesaikan AKM Numerasi ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif-Reflektif. Journal of the Indonesian Mathematics Education Society, 2(2). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jimes/article/view/35326
Abstract views: 9