ANALISIS KESALAHAN KONSEP DAN PROSEDUR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BENTUK CERITA BERDASARKAN TEORI POLYA

Authors

  • Windi Atika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Djoko Adi Susilo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Vivi Suwanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Abstract

Kemampuan menyelesaikan masalah aljabar merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, observasi menunjukkan bahwa siswa masih melakukan kesalahan baik konsep maupun prosedur saat menyelesaikan soal cerita tentang aljabar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang terjadi pada proses penyelesaian soal aljabar bentuk cerita berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari soal tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) 24% kesalahan yang dilakukan siswa berupa kesalahan konseptual karena siswa tidak dapat memahami konsep penyelesaian dan tidak dapat menerapkan masalah pada persamaan matematis, 2) 48% kesalahan yang dilakukan siswa berupa kesalahan prosedural karena siswa tidak dapat menuliskan dengan benar langkah-langkah penyelesaian pada soal, bertindak terlalu cepat karena tidak memahami apa yang dimaksud dalam soal, dan tidak menyelesaikan jawaban, dan 3) 27% kesalahan yang dilakukan siswa berupa kombinasi kesalahan konsep dan prosedur karena siswa tidak mampu melakukan operasi perhitungan, tidak menyelesaikan soal karena kurang paham pada materi yang diberikan sehingga tidak tahu cara menjawab soal dengan tepat dan masih kurang teliti.

Published

2024-11-28

How to Cite

Atika, W., Susilo, D. A., & Suwanti, V. (2024). ANALISIS KESALAHAN KONSEP DAN PROSEDUR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BENTUK CERITA BERDASARKAN TEORI POLYA. Journal of the Indonesian Mathematics Education Society, 2(2). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jimes/article/view/35154
Abstract views: 19