The Pengaruh Harga Tiket Tarif Khusus, Kualitas Layanan Petugas, dan Fasilitas Fisik Stasiun Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Kereta Api
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v12n2.p211-226Kata Kunci:
fasilitas fisik; harga tiket; keputusan penggunaan; kualitas layanan petugas; Stasiun MadiunAbstrak
Kereta api memiliki banyak peminat, akan tetapi saat ini persaingan yang kompetitif dengan transportasi bus dapat menyebabkan konsumen beralih menggunakan transportasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga tiket tarif khusus, kualitas pelayanan petugas, dan fasilitas fisik stasiun terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi kereta api. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey menggunakan teknik non probability sampling. Data diambil menggunakan metode purposive sampling sebanyak 200 sampel. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistic Package for Social Sciences) versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga tiket tarif khusus dan kualitas layanan petugas stasiun berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan fasilitas fisik stasiun berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan penggunaan kereta api. Harga tiket tarif khusus, kualitas layanan petugas, dan fasilitas fisik stasiun secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan kereta api.
Referensi
Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. Journal System Lembaga Penerbitan Bina Patria, 14(3), 2235-2248
Batu, R. L., Suryani, N. I., Septia, N., & Sekaryahya, P. F. (2020). Pengaruh Harga dan Inovasi Layanan Aplikasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Taksi Express: Survei pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(1), 1-22
Desembrianita, E. And Ruslin, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(2), 345-354
Hustic, I., & Gregurec, I. (2015). The influence of price on customer's purchase decision. Varazdin. Faculty of Organization and Informatics Varazdin. (Retrieved 25 December 2023 from https://www.proquest.com/conference-papers-proceedings/influence-price-on-customers-purchase-decision/docview/1759330892/se-2)
Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Kritikos, K., Pernici, B., Plebani, P., Cappiello, C., Comuzzi, M., Benrernou, S., ... & Carro, M. (2013). A survey on service quality description. ACM Computing Surveys (CSUR), 46(1), 1-58
Lien, C. H., Wen, M. J., Huang, L. C., & Wu, K. L. (2015). Online hotel booking: The effects of brand image, price, trust and value on purchase intentions. Asia Pacific Management Review, 20(4), 210-218
Mandey, J. B. (2013). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 95-104
Prasad, Shantanu, Garg, A. And Prasad, Saroj (2019). Purchase Decision Of Generation Y In An Online
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Kbm Indonesia.
Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147
Suriansha, R., & Asrianto, A. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Memilih Program Uniprep Bumi Serpong Damai di Tangerang Selatan. Journal of Economics and Business UBS, 10(1), 84-94.
Susanto, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Tangerang Selatan. Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 7(4), 450
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 1245
,
PDF Downloads: 1163







