PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS IX IPS DI MAN BANGKALAN

Main Article Content

Mutik Hidayat

Abstract

This study aims to study the Effect of Learning Habit, Learning Environment and Support Parents on Economic Subject Learning Achievement in Class XI IPS MAN Bangkalan 2013/2014. Population was 131 students. Sample was 98 students selected by using sampling technique simple random sampling. Data were collected by questionnaires and documentation method. The method of analysis in this study was a quantitative analysis, the multiple linear regressions. The results showed that: there is a significant effect of study habits on student achievement; there was a significant effect of learning environment on student achievement; there was a significant effect of parental support on student achievement; three jointly study habits, learning environment and parental support significantly influence student achievement

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hidayat, M. (2017). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS IX IPS DI MAN BANGKALAN. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 3(1), 103–114. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p103-114
Section
Articles

References

Depdikbud, 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Depdiknas, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali, 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah, 2001. Diktat Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal, Hasan, 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Novita, Widya, 2007. Serba Serbi Anak (yang perlu diketahui seputar anak dari dalam kandungan hingga masa sekolah tinjauan psikologi dan kedokteran). Jakarta; PT. Elex Media Komputindo

Hamalik, Oemar, 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Prayitno, 2009. Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Purwanto, Ngalim M., 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Saroni, Mohammad, 2006. Manajemen Sekolah, Kiat Menjadi Pendidik Yang Kompeten.

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Soekirno, Sadono, 2002. Pengantar Teori Mikro Ekonomi Edisi ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana, 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suwarso, Wiji, 2006. DasarDasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tuu, Tulus, 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Undang-Undang RI no. 20. Tahun 2003. 2006. (Undang-Undang Sisdiknas). Sinar Grafika. Jakarta.

Wiyono, Budi, 2003. Pengaruh Kebiasaan dan Lingkungan. Jurnal. Universitas Negeri Surabaya.