DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP STRES AKADEMIK DAN LEARNING OUTCOME
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 terhadap stress akademik, dan learning outcome. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 179 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Siliwangi melalui Google Formulir dan wawancara tidak terstruktur kepada 20 responden secara acak untuk mengkonfirmasi jawaban yang telah diberikan melalui kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling. Analisis data deskriptif dengan berbantuan SPSS 24, dan untuk mengetahui pegaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik dan learning outcome dengan menggunakan path analisis berbantuan AMOS 24. Temuan penelitian ini adalah pembelajaran daring tidak berpengaruh secara signifikan terhadap stress akademik yang dibuktikan dengan besarnya koefisien determinasi sebesar 0.004 atau sebesar 0,4%. Namun pembelajaran daring ini memiliki pengaruh secara signifikan terhadap learning outcome melalui stres akademik sebesar 42,2 persen. Temuan lain yang diperoleh pada penelitian ini yaitu mahasiswa mengalami penurunan kemampuan belajar sebesar 75,42 persen dan perlu dikaji lebih mendalam terkait dampak yang ditimbulkan dari penurunan kemampuan belajar tersebut.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arribathi, A. H., Suwarto, Miftakhu Rosyad, A., Budiarto, M., Supriyanti, D., & Mulyati. (2021). An Analysis of Student Learning Anxiety During the COVID-19 Pandemic: A Study in Higher Education. Journal of Continuing Higher Education. https://doi.org/10.1080/07377363. 2020.1847971
Bao, W. (2020). Human Behav and Emerg Tech - 2020 - Bao - COVID?19 and online teaching in higher education A case study of Peking.pdf.
Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K., & Singh, N. (2021). COVID-19 and its impact on education, social life and mental health of students: A survey. Children and Youth Services Review, 121(December). https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105866
Gupta, K., Verma, M., & Chopade, P. (2021). Stress among students due to online learning during covid -19 and coping strategies. April.
Kapasia, N., Paul, P., Roy, A., Saha, J., Zaveri, A., Mallick, R., Barman, B., Das, P., & Chouhan, P. (2020). Impact of lockdown on learning status of undergraduate and postgraduate students during COVID-19 pandemic in West Bengal, India. Children and Youth Services Review, 116, 105194. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105194
Kim, S. H., & Park, S. (2021). Influence of learning flow and distance e-learning satisfaction on learning outcomes and the moderated mediation effect of social-evaluative anxiety in nursing college students during the COVID-19 pandemic: A cross-sectional study. Nurse Education in Practice, 56. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103197
Qazi, A., Naseer, K., Qazi, J., AlSalman, H., Naseem, U., Yang, S., Hardaker, G., & Gumaei, A. (2020). Conventional to online education during COVID-19 pandemic: Do develop and underdeveloped nations cope alike. Children and Youth Services Review, 119(October), 105582. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105582
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Simon Burgess, H. H. S. (2020). Schools, skills, and learning: The impact of COVID-19 on education. https://voxeu.org/article/impact-covid-19-education
Tim KKNI. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Dirjen Belmawa Dikti.
UNESCO. (2020). 290 million students out of school due to COVID-19: UNESCO releases first global numbers and mobilizes response. https://en.unesco.org/news/290-million-students-out-school-due-covid-19-unesco-releases-first-global-numbers-and-mobilizes