IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Main Article Content

Ai Nur Solihat
Suminawati Suminawati
Edi Fitriana Afriza

Abstract

Dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, diperoleh hasil penelitian mengenai gambaran pedagogical content knowledge (PCK), kemampuan kognitif siswa dan pengaruh PCK merupakan tujuan dari penelitian ini. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas XI SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran PCK dan kemampuan kognitif siswa, dan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh PCK terhadap kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian, PCK guru ekonomi dan kemampuan kognitif siswa SMA Negeri Kota Tasikmalaya berada pada kondisi sedang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh PCK terhadap tingkat kemamppuan kognitif siswa. Artinya, jika terjadi peningkatan pada PCK guru maka kemampuan kognitif siswa juga akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Solihat, A. N., Suminawati, S., & Afriza, E. F. (2019). IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(1), 69–76. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n1.p69-76
Section
Articles
Author Biography

Edi Fitriana Afriza, Universitas Siliwangi

Edi Fitriana Afriza Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi

References

Ambotang, Abdul Said, dkk. Pengaruh Pengetahuan Pedagogi dan Kandungan Terhadap Efikasi Guru dalam Pengajaran Ekonomi. Universiti Malaysia Sabah.

Anderson, Lorin W dan David R. Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Casey, Catherine E. & Ruth A. Childs. (2007). Teacher Education Program Admission Criteria and What Beginning Teachers Need to know to be Successful Teachers. Canadian Journal of Educational Administration and Policy, issue #67.

Chotibul Umam, Nova. (2010). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Mengelola Kearsipan Pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Kudus. Skripsi : Universitas Negeri Semarang.

Dewi, Luh Retiantari Dewi, dkk. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 4 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Vol 4, No 1 (2014):  Publisher: Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi

Gujarati, Damodar. (1998). Ekonometrika Dasar. Jakarta : Erlangga.

Olfos, Raimundo, Tatiana Goldrine &Soledad Estrella. (2014). Teachers pedagogical content knowledge and its relation with students understanding. Revista Brasileira de Educação v. 19 n. 59 out.-dez.

Shulman, Lee S. (1986). Those Who Understan: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, Vol. 15, No. 2 (Feb., 1986), pp. 4-14. Tersedia [online]: http://www.jstor.org/stable/1175860 .

Gudmundsdottir, Lee Shulman (1986). Pedagogical Conten Knowledge in Social Scient Studies. Scandinavian Journal of Educational Research. Publish online (07 Juli 2006). Tersedia [online]: http://www.tandfonline.com/loi/csje20 

Sukadi, Eti, dkk. (2015). Implementasi Pedagogical Conten Knowledge Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kompetensi Calon Guru Fisika. JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893, Vol 4, No. I, 2015 (hal 37-46). Tersedia [online]: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yamin, Martinis. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik Implementasi KTSP dan UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.  Jakarta : GP Press.

Undang-Undang Repubik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.