JEMBATAN MENUJU WIRAUSAHA SUSKES: ANALISIS DIMENSI KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA

Main Article Content

Edi Fitriana Afriza
Astri Srigustini

Abstract

Kewirausahaan dijadikan langkah konkret dalam menanggulangi permasalahan lapangan pekerjaan, akan tetapi kebanyakan mahasiswa belum memiliki dorongan internal yang kokoh supaya menjadi seorang wirausaha. Intensi berwirausaha pada kalangan mahasiswa masih rendah, diantaranya mahasiswa cenderung selalu memiliki rasa takut dalam membentuk dan mengelola usaha baru maupun yang sudah ada. Penelitian bertujuan melihat kompetensi berwirausaha mahasiswa yang ditinjau melalui dimensinya diantaranya seperti pengetahuan, keterampilan dan kemampuan individu yang akan diujikan kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi dengan jumlah sebanyak 389 orang. Pencapaian representatif data menjadi acuan dalam pengambilan langkah teknik sampel, dengan memakai random sampling maka diperoleh sebanyak 197 responden. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dimensi kompetensi kewirausahaan berpengaruh signifikan kepada intensi berwirausaha baik secara parsial maupun simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afriza, E. F., & Srigustini, A. (2022). JEMBATAN MENUJU WIRAUSAHA SUSKES: ANALISIS DIMENSI KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 10(2), 167–180. https://doi.org/10.26740/jepk.v10n2.p167-180
Section
Articles
Author Biography

Astri Srigustini, Universitas Siliwangi

Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi

References

Abdullah, D., & Septiany, F. R. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka). Co-Management, 1(3), 316–331.

Al Mamun, A., Binti Che Nawi, N., Dewiendren, A. A., & Fazira Binti Shamsudin, S. F. (2016). Examining the Effects of Entrepreneurial Competencies on Students’ Entrepreneurial Intention. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(2), 119–127. https://doi.org/10.5901/ mjss.2016.v7n2p119

Andriani, R. (2013). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 241653.

Aprilianty, E. (2012). Pengetahuan Kewirausahaan , Dan Lingkungan the Effect of Entrepreneur Personality , Entrepreneurship Knowledge , and Environment on Entrepreneurial Interest. 2, 311–324.

Ardiyani, N., & Kusuma, A. (2016). Pengaruh Sikap, Pendidikan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), 254988.

Astri Srigustini. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kecakapan Vokasional Terhadap Sikap Wirausaha Serta Implikasinya Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Berdasarkan Bidang Studi Keahlian. Repository.Upi.Edu, 93–95.

Bagus Made Adi Suprapta Yasa, N. W. E. (2015). Peran Gender Dalam Menjelaskan Pengaruh Sikap Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(6), 253648.

Baum, R. J., Locke, E. A., & Smith, K. G. (2001). A Multidemensional model for venture growth. Academy of Management Journal, 44(2), 292–303.

Bosma, N., Acs, Z. J., Autio, E., Coduras, A., & Levie, J. (2008). Global Entrepreneurhip Monitor - Executive Report 2008. Gem, 146. http://www.gemconsortium.org/report

Covin, J. G., Slevin, D. P., & Heeley, M. B. (2000). Pioneers and followers: Competitive tactics, environment, and firm growth. Journal of Business Venturing, 15(2), 175–210. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(98)00015-9

Fajar, A., Syam, A., Rahmatullah, Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makssar. 1(2), 34–43.

Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273–289.

Flora Puspitaningsih. (2014). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi. 2, 224–236.

Handaru, A. W., Parimita, W., Achmad, A., & Nandiswara, C. (2014). Mahasiswa Magister Management ( Kajian Empiris Pada Sebuah Universitas Negeri Di Jakarta. Jurnal Universitas Paramadina, 11(2), 1046–1061.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314.

Husein Umar. (2003). Metode Riset Bisnis.

I Gusti Lanang, N. M. P. (2004). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Locus of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), 1160–1188.

Indriyani, I., & Subowo. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 470–484. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31493

Krueger, N. F., Reilly, M. D., & Carsrud, A. L. (2000). Competing models of entrepreneurial intentions. Journal of Business Venturing, 15(5), 411–432. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(98)00033-0

Kusmintarti, A., Riwajanti, N. I., & Asdani, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan dan Intensi Kewirausahaan dengan Sikap Kewirausahaan sebagai Mediasi. Journal of Research and Applications: Accounting and Management, 2(2), 119. https://doi.org/10.18382/jraam.v2i2.160

Leres, T. C. P. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Minat Berwirausaha Terhadap Motivasi Untuk Menjadi Young Entrepreneur Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam-Universitas Islam Negeri Walisongo, 2(7), 38–42.

Linan, F. (2004). Intention-based models of entrepreneurship education. Piccola Impresa/ Small Business, 3(1), 11–35.

Man, T. W. Y., Lau, T., & Chan, K. F. (2002). The competitiveness of small and medium enterprises: A conceptualization with focus on entrepreneurial competencies. Journal of Business Venturing, 17(2), 123–142. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(00)00058-6

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2545

Munawar, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 398–406. https://doi.org/10.30998/ prokaluni.v2i0.105

Nurikasari, F. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1, 1–10. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/ jrpe/article/view/1394%0A

Pratana, N. K., & Margunani. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 537. https://doi.org/ 10.15294/ eeaj.v8i2.31489

Robert Baum, J., Frese, M., Baron, R. A., & Katz, J. A. (2014). Entrepreneurship as an area of psychology study: An introduction. The Psychology of Entrepreneurship, January 2007, 1–18.

Robert Hisrich and Michael Peters. (1989). Graham Breaver. August, 40239.

Sa’adah, L., & Mahmud, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Instagram Dan Efikasi Diri Melalui Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 18–32. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Sayu Ketut Sutrisana Dewi. (2017). Konsep dan Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia.

Shane, S., & Venkataraman, S. (2012). Note as the promise of entrepreneurship. The Academy of Management Review, 25(1), pp.217-226.

Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 337–380.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dn R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana. (2013). Kiat dan Proses Menuju Sukses. Kewirausahaan, 66.

Suryaningsih, T., & Agustin, T. (2020). Pengaruh Kepribadian Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 42–49. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p042

Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748

Suyitno, A. (2013). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, sikap kewirausahaan, dan kesiapan instrumen terhadap intensi berwirausaha. Repository.Upi.Edu, 1–9.

Tsakiridou, H., & Stergiou, K. (2014). Entrepreneurial Competences and Entrepreneurial Intentions of Students in Primary Education. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(9), 106–117. http://www.arcjournals.org/pdfs/ijhsse/v1-i9/15.pdf

Vijay. (2011). Entrepreneurial Competency in SME’S. Bonfring International Journal of Industrial Engineering and Management Science, 1(1), 05–10. https://doi.org/10.9756/bijiems.1002

Wibowo, S., & Pramudana, K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. None, 5(12), 254215.

Widding, L. Ø. (2005). Building entrepreneurial knowledge reservoirs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 12(4), 595–612. https://doi.org/10.1108/14626000510628252

Wijaya, U. T. (2014). the Effects of Entrepreneurship Knowledge and Self-Concept on. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 1–7. repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/30230/4/Chapter II.pdf

Yaghoubi Farani, A., Karimi, S., & Motaghed, M. (2017). The role of entrepreneurial knowledge as a competence in shaping Iranian students’ career intentions to start a new digital business. European Journal of Training and Development, 41(1), 83–100. https://doi.org/10.1108/ EJTD-07-2016-0054