JEMBATAN MENUJU WIRAUSAHA SUSKES: ANALISIS DIMENSI KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA

Main Article Content

Edi Fitriana Afriza
Astri Srigustini

Abstract

Kewirausahaan dijadikan langkah konkret dalam menanggulangi permasalahan lapangan pekerjaan, akan tetapi kebanyakan mahasiswa belum memiliki dorongan internal yang kokoh supaya menjadi seorang wirausaha. Intensi berwirausaha pada kalangan mahasiswa masih rendah, diantaranya mahasiswa cenderung selalu memiliki rasa takut dalam membentuk dan mengelola usaha baru maupun yang sudah ada. Penelitian bertujuan melihat kompetensi berwirausaha mahasiswa yang ditinjau melalui dimensinya diantaranya seperti pengetahuan, keterampilan dan kemampuan individu yang akan diujikan kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi dengan jumlah sebanyak 389 orang. Pencapaian representatif data menjadi acuan dalam pengambilan langkah teknik sampel, dengan memakai random sampling maka diperoleh sebanyak 197 responden. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dimensi kompetensi kewirausahaan berpengaruh signifikan kepada intensi berwirausaha baik secara parsial maupun simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afriza, E. F., & Srigustini, A. (2022). JEMBATAN MENUJU WIRAUSAHA SUSKES: ANALISIS DIMENSI KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 10(2), 167–180. https://doi.org/10.26740/jepk.v10n2.p167-180
Section
Articles
Author Biography

Astri Srigustini, Universitas Siliwangi

Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi

References

Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 241653.

Ardiyani, N., & Kusuma, A. (2016). Pengaruh Sikap, Pendidikan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), 254988.

Bagus Made Adi Suprapta Yasa, N. W. E. (2015). Peran Gender Dalam Menjelaskan Pengaruh Sikap Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(6), 253648.

Bosma, N., Acs, Z. J., Autio, E., Coduras, A., & Levie, J. (2008). Global Entrepreneurhip Monitor - Executive Report 2008. Gem, 146. http://www.gemconsortium.org/report

Husein Umar. (2003). Metode Riset Bisnis.

Kusmintarti, A., Riwajanti, N. I., & Asdani, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan dan Intensi Kewirausahaan dengan Sikap Kewirausahaan sebagai Mediasi. Journal of Research and Applications: Accounting and Management, 2(2), 119. https://doi.org/10.18382/jraam.v2i2.160

Pratana, N. K., & Margunani. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 537. https://doi.org/ 10.15294/ eeaj.v8i2.31489

Robert Hisrich and Michael Peters. (1989). Graham Breaver. August, 40239.

Sayu Ketut Sutrisana Dewi. (2017). Konsep dan Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia.

Shane, S., & Venkataraman, S. (2012). Note as the promise of entrepreneurship. The Academy of Management Review, 25(1), pp.217-226.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dn R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana. (2013). Kiat dan Proses Menuju Sukses. Kewirausahaan, 66.

Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748

Wibowo, S., & Pramudana, K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. None, 5(12), 254215.