Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Anak Cerebral Palsy di YPAC Surabaya

Authors

  • Nisrina Fitri Ayu Ningtiyas Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Mutmainna Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Afrian Miftaquljannah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i2.24390

Abstract

Artikel ilmiah ini mengkaji pengaruh metode Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap
kemampuan berpikir kritis anak cerebral palsy dalam pembelajaran matematika di YPAC Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan
meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Metodologi penelitian ini meliputi asesmen pre-test dan
post-test kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CTL efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak cerebral palsy di pembelajaran matematika. Kajian ini
merekomendasikan pengintegrasian CTL dalam program pendidikan khusus untuk meningkatkan kualitas
pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Ningtiyas, N. F. A., Mutmainna, N., & Miftaquljannah, N. A. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Anak Cerebral Palsy di YPAC Surabaya. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 4(2), 53–57. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i2.24390
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 90

Most read articles by the same author(s)