SENI MUSIK ETNIK HADRAH NUR MUHAMMAD DI KECAMATAN JAYALOKA KABUPATEN MUSIRAWAS KAJIAN BENTUK SAJIAN DAN STRUKTUR MUSIK

Main Article Content

Arif Kurniawan
Dedy Firmansyah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk dan struktur seni musik etnik  Hadrah yang ada di Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk musik etnik  Hadrah yang ada di Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musi Rawas adalah jenis musik ansambel yang dilengkapi dengan struktur lirik (syair) lagu, alat musik, teknik permainan, pemain dan vokal. Alat musik yang digunakan adalah alat musik ritmis seperti Genjringan, Kentam, Keprak, Darbuka, Gendang Bass, Ketiplak dan Kemplingan, Simbal serta Tamborin. Teknik permainan yang digunakan adalah teknik permainan pola dasar, pola ningkah dan pola variasian. Jumlah keseluruhan anggota adalah 15 anggota termasuk pelatih, terbagi menjadi 10 pemain musik dan 5 orang penyanyi (vokal)

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A., & Firmansyah, D. (2020). SENI MUSIK ETNIK HADRAH NUR MUHAMMAD DI KECAMATAN JAYALOKA KABUPATEN MUSIRAWAS KAJIAN BENTUK SAJIAN DAN STRUKTUR MUSIK. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.26740/geter.v3n1.p52-63
Section
Articles
Author Biographies

Arif Kurniawan, Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Muhammadiyah OKU Timur

lecturer

Dedy Firmansyah, Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Universitas PGRI Palembang

lecturer

References

Firmansyah, Feri. 2015. Bentuk Dan Struktur Musik Batanghari Sembilan. Jurnal. ISI Padang Panjang
Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa
Mukhroji. 2018. Struktur Penyajian Seni Tradisional Gambus di Kamung Al-Munawar Kecamatan 13 Ulu Palembang. Skripsi,. Palembang. Sendratasik. Universitas PGRI Palembang.
Mustamant, Mufy. 2013. Kamus Seni
Budaya. Titian Ilmu, Bandung.
Paimin. 2015. Bentuk dan Struktur Pertunjukkan Musik Hadrah Al-Badriya di Desa Gandrirojo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Skripsi. Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
Prier, Karl Edmund. 1996. Ilmu Bentuk
Musik. Pusat Musik Liturgi,
Yogyakarta.
Prier, Karl Edmund. 2011. Kamus
Musik. Pusat Musik Liturgi
Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara Semarang.