Pengaruh Stres Kerja dan Pemberdayaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawati Call Center di PT X Surabaya

Authors

  • Mei Rahmi Wuri W. Universitas Negeri Surabaya
  • Dwiarko Nugrohoseno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bisma.v2n2.p121-127

Keywords:

Work Stress, Empowerment, Job Satisfaction

Abstract

In order to improve the quality of corporate services, much needed work stress control and employee empowerment are expected to increase job satisfaction of employees so that employees who feel satisfied will try to do my best and advance the company. This study aims to determine the effect of job stress and employee empowerment on job satisfaction in PT. X Surabaya. The population in this study is a call center employee PT. X with a sample of 105 respondents. To analyze the data, regression analysis using the program package SPS / IBM PC edition Sutrisno Pamardiningsih Yuni Hadi and 2000. Results of data analysis known that a significant difference between job stress and job satisfaction that has a negative influence, and there is insignificant effect between empowerment and job satisfaction with a correlation coefficient R2 = 0.467 and p = 0.000 with a significance level of 5%. The conclusion is collectively - as a significant difference between job stress and job satisfaction, empowerment with effective contribution that is equal to 46.3%, and amounted to 54.7% influenced by other variables

References

A.N. Ubaidilah. 2006. Mengantisipasi Stres Kerja. Jurnal Psikologi, (online), (http://e-psikologi.com, diakses 26 Desember 2008)
Asmara, Farida. 2004. œPengaruh Faktor Faktor Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Surveyor PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Cabang Kertajaya Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : UNAIR.
Aswi. 2008. 50 Cara Ampuh Mengatasi Stress. Cetakan kesatu. Jakarta : Hi-Fest publishing.
Azwar, Saifuddin. 1993. œKelompok Subjek Memiliki Harga Diri Yang Rendah, Kok, Tahu..?. Buletin Psikologi no 2 Desember 1993 Vol 13 17. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.
Blanchard, Ken, dkk. 2008. Pemberdayaan Karyawan Empowerment Takes More Than a Minute.Yogyakarta : Amara Books.
Bundel Majalah Marketing Januari-Juni 2006 œMarketing 02/VI/FEB06. Jembatan Tanpa Batas Dengan Pelanggan
Debora. 2006. œPengaruh Pemberdayaan Kerja dan Psikologis Terhadap Kepercayaan Organisasional dan Kepuasan Kerja Dosen Tetap Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Pemberdayaan dan Kepuasan Karyawan. FISIP Universitas Kristen Palangkaraya.Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 8 No. 2 September 2006. (online) (http://petra.co.id diakses tanggal 15 Desember 2008)
Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi kedua. Cetakan kelima belas. Yogyakarta : BPFE.
Hanum, Iis Faizah. 2008. Efektivitas Penggunaan Screen Pada Monitor Komputer Untuk Mengurangi Kelelahan Mata Pekerja Call Centre Di PT. Indosat NSR Tahun 2008. Tesis. (online) (http://library.usu.ac.id diakses tanggal 5 November 2008)
Holdsworth, Lyn and Cartwrigth, Susan. 2003. Empowerment, Stress and Satisfaction; an Exploatory Study of A Call Center Leadership & Organization Development Journal, 24, 3; ABI/INFORM Research pg 131. (online) (http://emeraldinsight.com diakses tanggal 3 Desember 2008)
Jide. 2007. Employee Empowerment. (online) (www.wordpress.com diakses tanggal 25 November 2008)
Khuzaini, dan Kaihatu, Thomas S. 2008. œPentingnya Kepuasan Kerja dalam Memediasi Hubungan Antara Pemberdayaan Anggota Terhadap Komitmen Organisasi. Majalah Ekonomi Tahun XVIII No. 3 Desember 2008
Kurniawan, One. 2004. œPengaruh Faktor Faktor Penyebab Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Unit Jasa Layanan Customer Care (Call Center) di PT. Telkom Divre V Jatim. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : UNAIR.
Kreitner, Robert dan Angelo, Kinicki. 2003. Perilaku Organisasi. Edisi 1. Buku ke satu. Jakarta : Salemba Empat.
Kreitner, Robert dan Angelo, Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi. Edisi 5. Buku ke satu. Jakarta : Salemba Empat.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi sepuluh. Yogyakarta : Andi.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Edisi ke enam. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Edisi ke tujuh. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nasution, M.A. 2006. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta : Bumi Aksara
Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu, Edisi I. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nelson, Bob. 2003. 1001 Cara Memberdayakan Karyawan. Terjemahan oleh Sudarmaji, SP. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Prasetyo, Gendut Sukarno. 2004. œAnalisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Semangat Karyawan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. (Ventura, vol. 7 no. 3, Desember,2004): 195 -206.
Priyo, N. Catur. 2004. œPengaruh Karekteristik Biografis Terhadap Kepuasan Kerja dan Kemangkiran Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Indolitharge Megahtama Pasuruan Jatim. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : UNAIR.
Rahman. 2006. Pengertian Call Center (online) (http://wikipedia.com diakses tanggal 20 Mei 2009)
Robbins, S.P. 2002. Perilaku Organisasi. Edisi ke delapan. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Jakarta : Prehallindo.
Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi. alih bahasa tim Indeks. Jakarta : Indeks kelompok Gramedia.
Savery, Lawson K. and J. Alan Luks. 2001. The Relationship Between Empowerment, Job Satisfaction and Reported Stress Levels : Some Australian Evidence. Leadership & Organization Development Journal; 2001;22,3; ABI/INFORM Research page 97-104. (online) (http://sciencedirect.com diakses tanggal 9 Desember 2008)
Sudjiati, Endang. 2003. œPengaruh Kepuasan Kerja dan Semangat Kerja Karyawan Terhadap Komitmen Organisasi Di PT. Bangun Kubah Sarana Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : UNESA.
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sundjojo, Daniel Doni. Learning Organization dan Pemberdayaan Karyawan. Journal of Bus iness and Management. Vol 1 No. 1 January March 2006 page 15 30.
Susanto R. 2007. Telkomsel Raih Asia Pacific Call Center Award (online) (http://okezone.com diakses tanggal 16 Desember 2008)
Wrihatnolo, Randy R. 2007. Manajemen Pemberdayaan. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2018-06-06

How to Cite

Wuri W., M. R., & Nugrohoseno, D. (2018). Pengaruh Stres Kerja dan Pemberdayaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawati Call Center di PT X Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 2(2), 121–127. https://doi.org/10.26740/bisma.v2n2.p121-127

Issue

Section

Articles
Abstract views: 466 , PDF Downloads: 402