THE USE OF A CORPUS TOOL ANTCONC FOR TEACHING GERMAN GRAMMAR

Penulis

  • Suci Pujiastuti

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v12n1.p151-163

Kata Kunci:

AntConc, Corpus, Grammar, German

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode korpus yang secara khusus digunakan dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Jerman untuk mata kuliah tata bahasa tingkat B1 bagi mahasiswa bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan berbasis korpus yang dikemukakan oleh Scherer [9] dengan beberapa tahapan, yaitu: mengumpulkan data korpus, memasukkan data ke dalam alat korpus, membaca data dalam alat korpus, validasi data, dan menggunakan korpus untuk pengajaran tata bahasa Jerman (Grammatik).

 Grammatik adalah pengetahuan tentang tata bahasa atau aturan yang digunakan dalam menulis dan berbicara dalam bahasa Jerman. Bidang ini memiliki banyak aturan, dan mahasiswa bahasa Jerman, khususnya di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan, sering mengalami kesulitan dalam memahami tata bahasa. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode, yaitu metode Korpus, untuk mempelajari tata bahasa Jerman.

Referensi

Citraresmana, E., Erlina, & Amalia, R. M. (n.d.). Representation of TKI in Indonesian newspapers: Study of discourse and cognition through corpus study. Retrieved from https://www.academia.edu/51017799

Froehlich, H. (2015). Corpus analysis with AntConc. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/341362186_Corpus_Analysis_with_Antconc

Funk, H., & Kuhn, C. (2017). Studio [express] compact course German B1 course and exercise book. Berlin: Cornelsen Verlag GmbH.

Laurence Anthony’s AntConc Software Version 4.2.0. (n.d.). Retrieved from https://www.laurenceanthony.net/software/antconc/

Pujiastuti, S. (2018). Digital corpora in German lessons. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31578

Pujiastuti, S. (2018). The use of text corpora in German lessons. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/1bo8tUthLJOC3OYilRq2dpaHAdzQsoku1/view

Pujiastuti, S. (2022). The use of text corpora in German lessons at the State University of Medan (Indonesia) [Dissertation, Technische Universität Berlin].

Pujiastuti, S., Perdamean, A. S., & Daulay, M. I. (2024). Quantitative corpus analysis of the theses by German Education students of the Universitas Negeri Medan. Retrieved from https://eudl.eu/pdf/10.4108/eai.24-10-2023.2342118

Scherer, C. (2014). Corpus linguistics. Heidelberg: University Press WINTER.

The cause-and-effect (fishbone) diagram: A tool for generating and organizing quality improvement ideas. (n.d.). Retrieved from https://pmc.ncbi.nlm.nih.gov/articles/PMC11077513/

The Common European Framework of Reference for Languages. (n.d.). Retrieved from https://www.europaeischer-referenzrahmen.de/

Zinsmeister, H., & Andressen, M. (2019). Corpus linguistics. Tübingen: Fool Francke Attempto Verlag GmbH + Co. KG.

Diterbitkan

2025-03-28

Cara Mengutip

Pujiastuti, S. . (2025). THE USE OF A CORPUS TOOL ANTCONC FOR TEACHING GERMAN GRAMMAR. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 12(1), 151–163. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v12n1.p151-163
Abstract views: 293 , PDF Downloads: 238

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.