Students’ Perspectives on TOEFL Training Program in an Islamic Boarding School
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v12n2.p336-355Kata Kunci:
Perspective, TOEFL Training, Islamic Boarding SchoolAbstrak
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif siswa terhadap program pelatihan TOEFL yang diselenggarakan di sebuah pesantren di Mojokerto, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Studi ini melibatkan enam peserta didik dan dua guru untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai penerimaan dan efektivitas program tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, yang dipandu oleh teori reaksi Kirkpatrick, yang menekankan persepsi peserta terhadap program pelatihan dalam hal kepuasan, keterlibatan, dan relevansi dengan kebutuhan mereka.
Temuan menunjukkan bahwa para siswa umumnya memandang program ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, khususnya dalam keterampilan mendengarkan dan membaca, yang merupakan komponen penting dalam tes TOEFL. Reaksi positif mencakup apresiasi terhadap metode pengajaran yang interaktif, instruksi yang jelas, dan lingkungan belajar yang mendukung. Namun, tantangan seperti keterbatasan waktu pelaksanaan, materi yang kurang memadai, dan kesulitan dalam memahami topik tata bahasa yang kompleks juga diidentifikasi. Para guru mencatat adanya peningkatan kepercayaan diri dan motivasi siswa, namun mereka juga menyoroti perlunya sumber daya yang lebih lengkap dan sesi pelatihan tambahan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Referensi
Amalia Putri, L., Nurrahmi, H., & Chu, X. (2024). Enhancing English Competence Based on TOEFL Result with the Use of the Expert System with Forward Chaining Method. KnE Engineering. https://doi.org/10.18502/keg.v6i1.15352
Andreev, I. (2023). The kirkpatrick model. Valamis.
Astuti, F. D., & Revianti, S. L. (2023). The Implementation of ORESTE using Basson Rank for Selecting The TOEFL Preparation Courses in Yogyakarta. Bit-Tech, 6(1). https://doi.org/10.32877/bt.v6i1.863
Bacus, R. C., & Alda, R. C. (2023). English Language Exposure and Literacy Rate toward Language Proficiency: A Cross-country Analysis. World Journal of English Language, 13(5). https://doi.org/10.5430/wjel.v13n5p213
Budianto, L., Hadi, I., & Zulaiha, S. (2022). Foreign Teachers’ Insights Regarding Teaching “Conversation” in Boarding School. Journey: Journal of English Language and Pedagogy, 5(2). https://doi.org/10.33503/journey.v5i2.1903
Fitria, T. N. (2023). Integrating English Language Teaching (ELT) Into Islamic Boarding Schools: A Review of Strategy and Challenges. Journal of English Language and Pedagogy (JELPA), 1(2). https://doi.org/10.51826/jelpa.v1i2.772
Haryanto, H., & Novita, S. A. (2023). Training on TOEFL Exam Success Strategy for PPG Teachers of English Subject in Central Java. Salus Publica: Journal of Community Service, 1(1). https://doi.org/10.58905/saluspublica.v1i1.19
Hutabarat, P. (2023). Comparing TOEFL and teacher’s assessment scores in measuring student’s English skills. Journal of English Education and Teaching, 7(4). https://doi.org/10.33369/jeet.7.4.770-790
La’biran, R., & Dewi, R. (2023). Exploring Students’ Difficulties in TOEFL Listening. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 7(2). https://doi.org/10.29240/ef.v7i2.8065
Ling, G., Powers, D. E., & Adler, R. M. (2014). Do TOEFL iBT® Scores Reflect Improvement in English-Language Proficiency? Extending the TOEFL iBT Validity Argument. ETS Research Report Series, 2014(1). https://doi.org/10.1002/ets2.12007
Pratiwi, D. I., Amumpuni, R. S., Fikria, A., & Budiastuti, R. E. (2023). Enhancing Students’ Learning Outcomes through MALL in TOEFL Preparation Class for Railway Mechanical Technology. International Journal of Language Education, 7(2). https://doi.org/10.26858/ijole.v7i2.22839
Rifiyanti, H., Dewi, D. U., & Putra, F. M. (2023). The Role of TOEFL Preparation Courses in Improving Test Score. Foremost Journal, 4(2). https://doi.org/10.33592/foremost.v4i2.3615
Simanjuntak, A. E. W. (2018). The Effect of Test Preparation Toefl Reading Tests. Globish: An English-Indonesian Journal for English, Education, and Culture, 7(2). https://doi.org/10.31000/globish.v7i1.844
Solihah, Y. A. (2023). Students’ Perception on the Online Learning through Google Meet and YouTube Channel during Pandemic Situation. SALEE: Study of Applied Linguistics and English Education, 4(1). https://doi.org/10.35961/salee.v4i1.609
Zuhairati, U., Muslem, A., & Fitrisia, D. (2022). An analysis of English language used in daily communication by students of Dayah or Islamic boarding schools. English Education Journal, 13(1). https://doi.org/10.24815/eej.v13i1.23112
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 51
,
PDF Downloads: 47









