The Use of Easy German Videos to Support the Learning of Writing German Recipes in the German Literature Study Program at Surabaya State University
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v12n2.p214-226Kata Kunci:
Video Easy German, Writing skills, German recipesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi video Easy German sebagai media pendukung dalam pembelajaran penulisan resep Jerman di Program Studi Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya. Sebagai saluran YouTube yang menyediakan materi pembelajaran bahasa Jerman yang autentik, video Easy German menampilkan kehidupan sehari-hari di Jerman melalui aktor yang menggunakan bahasa komunikatif, gestur, dan ekspresi wajah, sehingga memudahkan mahasiswa memahami tata bahasa, kosakata, dan konteks budaya Jerman sambil berlatih keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Kemampuan mahasiswa dalam menulis resep masakan Jerman menggunakan kalimat pasif merupakan topik menarik untuk dibahas, karena kalimat pasif dalam bahasa Jerman memiliki perbedaan struktur dengan bahasa Indonesia. Penelitian tindakan yang menggunakan data dari observasi, dokumentasi, dan wawancara ini diperoleh dari 31 mahasiswa Program Studi Sastra Jerman di mata kuliah Schreiben 4 tahun, semester genap tahun akademik 2024/2025 sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video Easy German dalam pengajaran penulisan resep masakan Jerman menambah peningkatan keterampilan menulis mahasiswa, dan 87% responden menyatakan bahwa topik yang disajikan dalam video Easy German relevan untuk mendukung pembelajaran bahasa Jerman di kelas mereka. Pemahaman mahasiswa tentang tradisi kuliner Jerman juga diperkaya melalui paparan terhadap resep masakan Jerman.
Referensi
Alexander, P. O., & Wahyuningsih, F. (2022). Kesesuaian Materi Video Easy German dan Materi Pembelajaran Menyimak Bahasa Jerman Peserta Didik SMA Kelas XI. LATERNE, 11(03), 14-24.
Arifin, M. R. A., & Wahyuningsih, F. (2023). Kesesuaian Materi Video Animasi Youtube Learn German Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Kelas XI. LATERNE, 12(02), 162-170.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bergman, Isabella and Marie Frey. 2014. Kochen auf Deutsch. Guten Appetit. Muenchen: Compact Verlag GmbH.
Batista, D., & Pujosusanto, A. (2024). PENERAPAN MEDIA VIDEO YOUTUBE “HALLO DEUTSCHSCHULE” UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI-8 SMA NEGERI 1 MENGANTI. LATERNE, 13(02), 28-34.
Citivelo, Linda. 2011. Cuisine & Culture. A History of Food and People. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Dreyer, Hilke and Richard Schmitt. 2013. Lehr- und Uebungsbuch der deutschen Grammatik. Muenchen: Hueber Verlag.
Ende, Karin. 2013. Curricula, Vorgaben, Unterrischtsplanung. München: Langenscheidt.
Hardika, M., Kurniawati, W., Saksono, L., & Andriyanto, O. D. (2025). Membuka Cakrawala Budaya Jerman: Dongeng Digital sebagai Media Pembelajaran Interkultural. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 10(1), 96-105.
Herdiansyah Haris. 2015. Wawancara, Observasi, dan Focus Grups: Sebagai Instrumen Penggalian Data. Jakarta: Rajawali.
Impressium. 2013. Kartoffel Gerichte. Langenfeld: Serges Verlag.
Mulyatiningsih, Endang. 2019. Applied Research Methods in Education. Bandung: Alfabeta.
Parnaningroem, R. R. D. W., Wahyuningsih, F., Saksono, L., Ridwan, A., Sopaheluwakan, Y., & Rizman, R. (2023, December). Utilization of Digitales Lernplakat in Studying German Culture: Deutsche Esskultur. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023) (pp. 760-770). Atlantis Press.
Rusch, Paul and Helen Schmitz. 2007. Einfach Grammatik. Berlin: Langenscheidt.
Saksono, L., Parnaningroem, R. R. D. W., & Wahyuningsih, F. (2023, December). Development of German Language Teaching Material Based on Indonesian Tourism and Culture. In International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023) (pp. 637-647). Atlantis Press.
Saksono, L., Parnaningroem, R. R. D. W., Ridwan, A., Hardika, M., Wahyuningsih, F., & Asteria, P. V. (2025). Peningkatan Pemahaman Lintas Budaya (Cross Culture Understanding) Bagi Pokdarwis di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. ABISATYA: Journal of Community Engagement, 3(1), 34-39.
Sugiyono. 2010. Quantitative, Qualitative and R&D Research Methods. Bandung: Alfabeta.
Titaley, A., Lestari, T., Kartika, A., Adelia, S., & Ardani, M. (2025, February). Strategies for Enhancing Intercultural Communication Competence for German Learners. In Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2024 (IJCAH 2024) (Vol. 879, p. 366). Springer Nature.
Widyadhana, E., & Titaley, A. G. (2024). Kesesuaian Video di Kanal YouTube Learn German with Anja sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Kelas XI Semester Genap. LATERNE, 13(03), 65-80.
https://lehrerfortbildung-bw.de/st_digital/medienwerkstatt/multimedia/video-im-unterricht/
https://www.cornelsen.de/magazin/beitraege/besser-unterrichten-mit-videos
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 120
,
PDF Downloads: 91









