PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI FUN PAINTING DI KELOMPOK B PAUD NIRMALA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Siti Kurniasih IAIN Metro, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.71-88

Keywords:

motorik halus, melukis yang menyenangkan, AUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses peningkatan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B di PAUD Nirmala dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui Fun painting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 14 orang anak, 2 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dengan menggunakan Fun painting. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah- langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus dengan Fun painting, dapat dibuktikan rata-rata skor keterampilan motorik halus pra-siklus 50,17%, mengalami

peningkatan pada siklus I sebesar 67,50% dan pada siklus II meningkat sebesar 86,29%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti. 2012. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka.

Allen, Eileen dan Lynn R Marotz. 2010. Profil Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.

Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education Preschool Through Primary Grade. USA: Pearson.

Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT Refika Aditama.

Herr, Judy. 2001. Creative Learning Activities for Young Children. USA: Thomson Delmar Learning.

Hobart, Christine & Jill Frankel. 2005. A Practical Guide to Activities for Young Children 3rd Edition. London: Nelson Thomas.

Hurlock, Elizabet B. 1978. Perkembangan Anak , Jilid I. Jakarta: Erlangga Jackman, Hilda L. 2009. Early Education Curriculum: A Childs Connection
to The Word Fourth Edition. USA: Delmar Learning.

Jalongo, Marry Renck. 2007. Early Childhood Language Art 4th ed. USA: Pearson. Magil, Richard A. 2011. Motor Learning, Concepts And
Application. Boston Mc Graw Hill.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 1989. Qualitatif Data
Analysis: A Sourcebook of New Method. USA:Ninth
Printing.

Papalia, Diana E, dkk. 2009. Human Development (Perkembangan Manusia)
Edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika.

Pekerti, Widia. 2005. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas
Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
Dini

Santrock, John W. 2007. Child Development Perkembangan Anak. Edisi
Kesebelas, Terjemah. Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta:
Erlangga.

Sale, Teel dan Claudia Betti. 2008. Drawing A Contemporary Approach
Sixth Edition. USA: Pearson.

Sonawat, Reeta dan Purvi Gogri. 2008. Multiple Intelligences For Preschool
Children. Mumbai: Multitech publishing.

Sujiono, Bambang. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas
Terbuka.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia
Dini. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2022-10-06

How to Cite

Kurniasih, S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI FUN PAINTING DI KELOMPOK B PAUD NIRMALA BANDAR LAMPUNG. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 71–88. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.71-88

Issue

Section

Articles
Abstract views: 291 , PDF Downloads: 331