Pelaksanaan Asesmen Informal Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Novia Vanes Via UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Hery Setiyatna Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2023.4.2.56-68

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Peningkatan kualitas pendidikan perlu dilakukan karena persaingan mutu pendidikan di dunia yang semakin ketat dan kualitas yang semakin meningkat. Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, perlu adanya penilaian sebagai bentuk evaluasi yang dapat membantu proses memperbaiki kualitas suatu lembaga pendidikan. Penilaian pada dasarnya merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa dalam belajar dan untuk mengetahui tingkat pencapaian dan keberhasilan pembelajaran. Dalam suatu penilaian atau asesmen pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan asesmen informal. Dalam melakukan asesmen tersebut, tenaga pendidik dapat mengalami berbagai hambatan dan juga keberhasilan, maka dalam pelaksanaan asesmen hendaknya dilakukan dengan prinsip dan prosedur yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Via, N. V., & Setiyatna, H. (2023). Pelaksanaan Asesmen Informal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 4(2), 56–68. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2023.4.2.56-68

Issue

Section

Articles
Abstract views: 185 , PDF Downloads: 192