PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSEP POLA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Yasmin Reza Putri Ayuni Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari Universitas Negeri Surabaya
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Wulan Patria Saroinsong Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172

Abstract

Buku panduan yang menjelaskan mengenai pola masih belum tersedia secara merata. Padahal penggunaan buku panduan sangat penting bagi guru untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. Kebanyakan guru masih menggunakan LKA sebagai acuan dalam mengajarkan pola. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan buku panduan yang dapat membantu guru dan anak anak dengan rentang usia 5-6 tahun untuk menstimulasi kemampuan berpikir logisnya melalui kegiatan mengenal pola. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE, yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementattion, dan Evaluation. Desain buku panduan pengenalan pola dicetak dengan ukuran buku A4 yang dilengkapi dengan beberapa kegiatan yang dapat membantu anak mengenal pola sesuai tahapannya. Hasil uji validasi ahli materi yang telah dilakukan memperoleh hasil sebesar 85% sehingga dapat dikatakan bahwa media sangat layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil uji ahli media diperoleh hasil sebesar 90% yang menyatakan bahwa media sangat layak dan tidak perlu direvisi. Subjek yang digunakan pada uji coba yaitu 20 anak usia 5-6 tahun, hasil uji coba menujukan bahwa 1) anak mulai mengenal dan memahami berbagai macam pola yang disediakan, 2) anak dapat menjelaskan pola yang ada dihadapannya, 3) anak mampu mengembangkan berbagai macam pola yang disediakan, serta 4) anak mulai menciptakan pola mereka sendiri berdasarkan pola yang sudah ada. Hasil uji keefektifan buku panduan pengenalann pola yang telah diuji menggunakan uji Wilcoxon menunjukan hasil signifikan sebesar 0.00 yang mana lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan buku panduan pengenalan pola untuk anak usia 5-6 tahun. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian pengembangan ini adalah buku panduan pengenalan pola untuk anak usia 5-6 tahun dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak serta layak digunakan sebagai salah satu acuan bagi guru untuk kegiatan pembelajaran disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Ayuni, Y. R. P. ., Komalasari, D., Ningrum, M. A., & Saroinsong, W. P. (2022). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSEP POLA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155–172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172

Issue

Section

Articles
Abstract views: 238 , PDF Downloads: 346