STUDI KOMPARATIF KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Authors

  • Siti Aminatus Sa'diyah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Reza Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Dewi Komalasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.35-50

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan terkait kompetensi profesional guru yang terjadi dilembaga pendidikan anak usia dini didaerah Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yang dimana masih belum optimal. Berdasarkan hasil observasi awal, terdapat asumsi bahwa guru yang berlatarbelakang pendidikan sarjana PG-PAUD memiliki kinerja yang lebih unggul dibandingkan guru dengan latar belakang sarjana pendidikan lainnya. Perbedaan ini terlihat dari guru menyiapkan pembelajaran, melaksanakan hingga penilaian hasil belajar anak. Dari asumsi tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kompetensi guru taman kanak kanak berdasarkan latar belakang pendidikan guru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif (perbandingan). Subjek penelitian ini yaitu guru kelas yang mengajar dilembaga PAUD di Kecamatan Taman sebanyak 76 orang. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner atau angket terkait penilaian kompetensi professional guru yang akan diniliai oleh oleh kepala sekolah. Data penelitian akan dianalisis menggunakan perhitungan aplikasi IBM SPSS 23 dengan uji prasyarat yakni uji validitas dan reliabilitas instrument penelitian, uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji independent t-test dengan kriteria hasil nilai sig. (2-tailed) < 0,05 Ho ditolak. Dari hasil analisis data diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga dinyatakan terdapat perbedaan kompetensi profesional guru taman kanak-kanak ditinjau dari latar belakang pendidikan dengan nilai selisih rata rata sebesar 19.94737. Dari hasil penelitian terdapat temuan menarik yaitu terkait urgensi kualifikasi akademik guru, terdapat 6 lembaga PAUD yang memberlakukan peraturan kualifikasi akademik sendiri yaitu minimal S1 dalam bidang pendidikan namun tidak harus S1 PG PAUD, Hal itu dikarenakan memang kurangnya sumber daya manusia dan juga beberapa kepala lembaga mengatakan bahwa pelatihan yang diikuti guru bukan S1 PG PAUD tidak maksimal karena masih banyak guru yang belum mengimplementasikan ilmunya dalam proses belajar mengajar sehingga kompetensi yang dimilikinya masih belum maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Sa’diyah, S. A. ., Reza, M. ., Widayanti, M. D. ., & Komalasari, D. . (2022). STUDI KOMPARATIF KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 35–50. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.35-50

Issue

Section

Articles
Abstract views: 707 , PDF Downloads: 711