PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU PAUD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.67-86Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) pada Anak Usia Dini terhadap kompetensi sosial guru PAUD. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah guru taman kanak-kanak. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto yang berjumlah 729 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik rumus random sampling, menggunakan metode slovin sehingga ditemukan hasil 88 sample. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner berupa link berupa google form. Analisis data dalam penelitian survei ini menggunakan teknik persentase dan tabulasi silang. iAdapun iberdasarkan ipengujian ihipotesis, idiperoleh inilai it-hitung isebesar i2,163 idan it-tabel isebesar i1,98827, iyang iberarti it-hitung i> it-tabel i(2,163 i> i1,98827) idengan isignifikasi i0,003 i< i0,05 isehingga iH1 iditerima idan iH0 iditolak. Dari uji regresi diperoleh nilai R Square 66,9% atau kuat. Dengan demikian pembelajaran Daring berpengaruh signifikan dan berhubungan kuat terhadap kompetensi sosial guru TK Kota Mojokerto.
Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


