PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU PAUD

Authors

  • Diah Rahma Apriliani universitas negeri surabaya
  • Winda Nidya Putri Fitriana STAI Al Hamidiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.67-86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) pada Anak Usia Dini terhadap kompetensi sosial guru PAUD. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah guru taman kanak-kanak. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto yang berjumlah 729 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik rumus random sampling, menggunakan metode slovin sehingga ditemukan hasil 88 sample. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner berupa link berupa google form. Analisis data dalam penelitian survei ini menggunakan teknik persentase dan tabulasi silang. iAdapun iberdasarkan ipengujian ihipotesis, idiperoleh inilai it-hitung isebesar i2,163 idan it-tabel isebesar i1,98827, iyang iberarti it-hitung i> it-tabel i(2,163 i> i1,98827) idengan isignifikasi i0,003 i< i0,05 isehingga iH1 iditerima idan iH0 iditolak. Dari uji regresi diperoleh nilai R Square 66,9% atau kuat. Dengan demikian pembelajaran Daring berpengaruh signifikan dan berhubungan kuat terhadap kompetensi sosial guru TK Kota Mojokerto.

Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Apriliani, D. R., & Fitriana, W. N. P. . (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU PAUD. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 67–86. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.67-86

Issue

Section

Articles
Abstract views: 232 , PDF Downloads: 231