PERAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Misselina Madya Gerda Universitas Negeri Surakarta, Indonesia
  • Novianti Puspitasari Universitas Negeri Surakarta, Indonesia
  • Reni D. Septiani Universitas Negeri Surakarta, Indonesia
  • Nurul Kusuma Dewi PG PAUD UNS

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.97-106

Abstract

Maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur saat ini sudah memprihatinkan bahkan dapat dikatakan dalam kondisi kritis dan darurat. Penelitian ini bertujuan menggambarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Indonesia maupun di luar negeri terkait pendidikan seks (kesehatan reproduksi) usia dini dan metode pendekatan pendidikan seks untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan analisis masalah dan kebutuhan. Metode yang akan digunakan dalam studi ini adalah suatu tinjauan literatur (literature review). Pencarian hasil penelitian dilakukan secara sistematis melalui database yang terkomputerisasi dari google cendekia (google scholar), science direct, Research gate dari tahun 2010-2021 terhadap hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal, prosiding maupun naskah ilmiah skripsi/thesis. Hasil dari studi literature yang dilakukan diperoleh rekomendasi bahwa tanggungjawab memberikan pendidikan seks pada anak usia dini tidak hanya tanggungjawab sekolah tapi juga masyarakat terutama orang tua. Dengan adanya pendidikan seks sejak dini diharapkan anak-anak dapat melindungi dirinya dari kekerasan seksual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract View: 72