Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Perbandingan Trigonometri

Authors

  • Viky Herlina Wati STKIP PGRI Sidoarjo
  • Lestariningsih Lestariningsih STKIP PGRI Sidoarjo
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v5n2.p180-192

Keywords:

Penerapan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Respons Siswa

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang membimbing siswa untuk terampil dan mandiri dalam menyelesaikan masalah melalui proyek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi perbandingan trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS-3 SMA Walisongo Gempol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini menggunakan one-shot case study, karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun instrumen pada penelitian ini yakni: 1) lembar observasi aktivitas guru 2) lembar observasi aktivitas siswa 3) lembar soal tes hasil belajar 4) lembar angket respons siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa aktivitas guru memperoleh skor 3,8 sehingga dapat dikatakan sangat baik, aktivitas siswa memperoleh persentase  61% sehingga dapat dikatakan aktif, ketuntasan pembelajaran secara klasikal memperoleh skor 84,375 sehingga dapat dikatakan berhasil, dan angket respons siswa pada setiap indikatornya secara keseluruhan mendapat respons kuat dan sangat kuat, sehingga respons siswa memperoleh respons yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi perbandingan trigonometri.

Author Biographies

Viky Herlina Wati, STKIP PGRI Sidoarjo

Pendidikan Matematika

Lestariningsih Lestariningsih, STKIP PGRI Sidoarjo

Pendidikan Matematika

Risdiana Chandra Dhewy, STKIP PGRI Sidoarjo

Pendidikan Matematika

References

Hidayatullah, F, Pendidikan Karakter : Membangun Peradaban Bangsa.: UNS Press&Yuma Pustaka, 2010.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Sntandar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta, 2016.

Normala dan Indri,.: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, pp. 241-250.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorsl Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2018.

Rais, M, "Project Based Learning," in Inovasi pembelajaran yang berorentasi soft skill. Makalah disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: UNESA, 2010.

S Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Fatmawati, Pengaruh Model Cooperative Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Pada Materi Pokok Statistika di Kelas X SMK Bina Taruna Tulangan Sidoarjo. Sidoarjo, 2018.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

Garsinia, Dika; Kusumawati, Ratih; Wahyuni, Arie;, "Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV," JRPIPM , vol. 3, no. 2, pp. 44-51, 2020.

A. Mochamad, Y. Rita, N. Tanti, "Pengaruh Model Pembelajaran Missori Matehmatics Project dengan Metode Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa MTS Negeri Tuban," JRPIPM, vol. 3, pp. 68-77, 2020.

Sari, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jember, 2015.

Downloads

Published

2022-04-29
Abstract views: 1181 , PDF Downloads: 591