Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Maslaah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

Authors

  • Iin Triana Agustiningtyas Universitas Negeri Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Negeri Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Negeri Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember
  • Ervin Oktavianingtyas Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p187-198

Keywords:

Representasi Matematis, Gaya Kognitif

Abstract

Representasi matematis menjadi salah satu aspek penting dalam belajar matematika karena dengan kemampuan representasi matematis yang baik, dapat membantu memecahan permasalahan kompleks menjadi lebih sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam menyelesaikan dua soal uraian persamaan garis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 siswa FD dan 19 siswa FI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaiakan masalah, FD cenderung menggunakan dua indikator representasi matematis yaitu ekspresi matematis dan verbal. FD belum mampu memahami informasi yang diberikan pada soal dengan tepat sehingga, rencana penyelesaian yang dibuat tidak mengarah pada solusi. FI sudah mencakup tiga indikator representasi matematis yaitu visual berupa sketsa grafik titik potong sumbu-X dan sumbu-Y dengan tepat dan tabel untuk memperjelas masalah, ekspresi matematis berupa model matematika yang digunakan juga ditulis dengan runtut dan tepat serta representasi verbal yang digunakan berupa kesimpulan dan penjelasan langkah-langkah penyelesaian dari tes tulis juga dapat dijawab dengan baik menggunakan bahasanya sendiri. Selain itu, FI juga dapat menyelesaikan soal menggunakan alternatif penyelesaian lain.

Author Biography

Iin Triana Agustiningtyas, Universitas Negeri Jember

Prodi. Pendidikan Matematika

References

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Agustiningtyas, I. T., Trapsilasiwi, D., Yudianto, E., Fatahillah, A., & Oktavianingtyas, E. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Maslaah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(2), 187–198. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p187-198
Abstract views: 222 , PDF Downloads: 269