Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Maslaah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p187-198Keywords:
Representasi Matematis, Gaya KognitifAbstract
Representasi matematis menjadi salah satu aspek penting dalam belajar matematika karena dengan kemampuan representasi matematis yang baik, dapat membantu memecahan permasalahan kompleks menjadi lebih sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam menyelesaikan dua soal uraian persamaan garis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 siswa FD dan 19 siswa FI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaiakan masalah, FD cenderung menggunakan dua indikator representasi matematis yaitu ekspresi matematis dan verbal. FD belum mampu memahami informasi yang diberikan pada soal dengan tepat sehingga, rencana penyelesaian yang dibuat tidak mengarah pada solusi. FI sudah mencakup tiga indikator representasi matematis yaitu visual berupa sketsa grafik titik potong sumbu-X dan sumbu-Y dengan tepat dan tabel untuk memperjelas masalah, ekspresi matematis berupa model matematika yang digunakan juga ditulis dengan runtut dan tepat serta representasi verbal yang digunakan berupa kesimpulan dan penjelasan langkah-langkah penyelesaian dari tes tulis juga dapat dijawab dengan baik menggunakan bahasanya sendiri. Selain itu, FI juga dapat menyelesaikan soal menggunakan alternatif penyelesaian lain.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

