Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Maslaah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

Authors

  • Iin Triana Agustiningtyas Universitas Negeri Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Negeri Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Negeri Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember
  • Ervin Oktavianingtyas Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p187-198

Keywords:

Representasi Matematis, Gaya Kognitif

Abstract

Representasi matematis menjadi salah satu aspek penting dalam belajar matematika karena dengan kemampuan representasi matematis yang baik, dapat membantu memecahan permasalahan kompleks menjadi lebih sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam menyelesaikan dua soal uraian persamaan garis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 siswa FD dan 19 siswa FI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaiakan masalah, FD cenderung menggunakan dua indikator representasi matematis yaitu ekspresi matematis dan verbal. FD belum mampu memahami informasi yang diberikan pada soal dengan tepat sehingga, rencana penyelesaian yang dibuat tidak mengarah pada solusi. FI sudah mencakup tiga indikator representasi matematis yaitu visual berupa sketsa grafik titik potong sumbu-X dan sumbu-Y dengan tepat dan tabel untuk memperjelas masalah, ekspresi matematis berupa model matematika yang digunakan juga ditulis dengan runtut dan tepat serta representasi verbal yang digunakan berupa kesimpulan dan penjelasan langkah-langkah penyelesaian dari tes tulis juga dapat dijawab dengan baik menggunakan bahasanya sendiri. Selain itu, FI juga dapat menyelesaikan soal menggunakan alternatif penyelesaian lain.

Author Biography

Iin Triana Agustiningtyas, Universitas Negeri Jember

Prodi. Pendidikan Matematika

References

Kartini, “Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika,” Proc. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNRI, 2009.

Surya and Istiawati, “Mathematical Representation Ability In Private Class XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik,” J. Saung Guru, vol. 8, no. 2, 2016.

Hasbullah, Halim, and Yusrizal, “Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Lurus,” J. Pembelajaran IPA, vol. 2, no. 2, pp. 69–74, 2019.

L. A. Effendi, “Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP,” J. Pendidik, vol. 13, no. 2, pp. 1–10, 2012.

P.U. Suhatini, D. Trapsilasiwi, and E. Yudianto, “Profil Pemecahan Masalah Siswa Dalam Memecahkan Masalah SPLDV Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif FI dan FD,” J. Pendidik. vol. 10, no. 1, 2019.

D. Thussolikha, .”Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task Ditinjau dari Gaya Kognitif,” Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember, Jember, 2020.

H. A. Witkin, ”Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles and Their Educational Implicat Ions,” Review of Educational Research, vol. 47, no. 1, pp. 1–64, 1971.

N. Alifah, and U. Aripin, “Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent,” J. Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. 1, no. 4, pp. 508-511, 2018.

S. Azwar, “Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar,” Yogyakarta: Pustaka Belajar, 1996.

Z. Wu, “The Study of Middle School Teacher’s Understanding and Use Mathematical Representation In Relation To Teacher’s Zone Proximal Developement in Teaching Fractions and Algebraic Functions,” J. Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 365–381, 2004.

H. Hardianto, “Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif,” vol. 3, no. 1, 2018.

M. Ulum, “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Statistika Berbasis Lesson Study For Learning Community Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent,” Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember, Jember, 2018.

D. Setyoningrum, “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif,” J. Pendidik, vol.1, no. 5, 2017.

Sunardi, “Strategi Belajar Mengajar Matematika”, Jember: Universitas Jember, 2009.

T. Idharwati, Rasiman, and R.A. Utami, “Analis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent,” J. Pendidik, vol. 40, 2019.

N. N. Siregar, “Analis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Bangun Datar,” J. Pendidikan, 2019.

Downloads

Published

2023-09-30
Abstract views: 122 , PDF Downloads: 130